Workshop Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Jamu di Daun Mas
Tanggal Posting : Senin, 17 Sepember 2018 | 15:34
Liputan : Redaksi - Dibaca : 39 Kali
Workshop Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Jamu di Daun Mas
Workshop Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Jamu di Daun Mas

HerbaIndonesia.Com. Untuk meningkatkan kualitas produk herbal, LKP Daun Mas Media Husada mengadakan Workshop Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Jamu pada 7 September 2018 di Kantor Daun Mas Kawasan Bekasi.

Diikuti 30 peserta, kegiatan dimulai dengan penyampaian materi tentang Higienis dan Sanitasi, Tujuan Penerapan CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), dan aspek-aspek yang diatur dalam CPOTB.

Pemateri yang tampil adalah Dra. Saur Riana Sitorus, Apt.(Wakil Ketua Bidang Standarisasi Produk dan Simplisia Pengurus Pusat GP. Jamu).

Secara rinci dijelaskan tentang santitasi dan higienis yang terkait alat/barang dan lingkungan kerja, Ruang lingkup sanitasi dan higienis, Higienis personal, Persyaratan umum sanitasi, higienis, dan kesehatan.

Sebelum materi ditutup, diputarkan video tentang proses pasca panen tanaman obat hingga proses Jamu dikemas menjadi produk akhir.

Pada kesempatan tersebut, peserta diajarkan membuat minuman sehat "Bir Pletok". Peserta Dan dibagi menjadi lima kelompok. Masing-masing nama kelompok diambil dari nama tanaman herbal.

Yaitu Kelompok Daun Dewa, Temulawak, Kembang Teleng, Pasak Bumi, dan Sambung Nyawa. Acara pembuatan Jamu "Bir Pletok" sangat meriah. Masing-masing kelompok berupaya untuk menyajikan "Bir Pletok" yang enak dan berkhasiat.

Kemudian dipilih pemenang pembuat "Bir Pletok" yang enak dan berkhasiat. Pemenang dinilai dari kebersihan, rasa, dan warna. Dan pemenangnya kelompok Temulawak.

Menurut Pimpinan Daun Mas, Erna Setiyawati, SE., S.Ag.Kes., kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama yang belum memiliki penghasilan tetap. Selain itu, agar masyarakat paham, manfaat TOGA.

Acara seperti ini, dilakukan rutin tiap bulan. Selain tema tentang herbal, juga diadakan pelatihan manajemen keuangan, marketing, dan magang di Café Daun Mas, urai Erna Setiyawati. Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait