Waspadai dan Kenali Penyakit Glaukoma
Tanggal Posting : Rabu, 11 April 2018 | 07:34
Liputan : Redaksi - Dibaca : 288 Kali
Waspadai dan Kenali Penyakit Glaukoma

HerbaIndonesia.Com.Taukah anda penyakit Glaukoma? Glaukoma adalah penyakit pada saraf penglihatan atau saraf optik akibat tekanan bola mata yang tinggi. Kerusakan saraf penglihatan ini akan menyebabkan penyempitan lapang pandangan yang menetap dan dapat berakhir dengan kebutaan.

Penyakit ini sering disebut dengan pencuri penglihatan karena kerusakan saraf penglihatan, terutama glaukoma jenis tertentu, terjadi perlahan-lahan tanpa ada gejala. Di Indonesia penyakit glaukoma menempati urutan kedua penyakit kebutaan setelah penyakit katarak.

Faktor utama penyebab penyakit glaukoma adalah tekanan bola mata yang meningkat. Tekanan bola mata yang meningkat sering disebabkan oleh hambatan pengeluaran cairan bola mata (humor aquous) pada sudut depan bilik mata. Sedangkan faktor lain penyebab penyakit glaukoma adalah sebagai berikut :

1. Usia, meskipun setiap orang dapat menderita penyakit glaukoma, tetapi penyakit ini lebih banyak di derita oleh usia di atas 40 tahun.
2. Pasien dengan riwayat penyakit glaukoma dalam keluarga.
3. Miopia tinggi ( penyakit rabun jauh).
4. Diabetes melitus ( penyakit kencing manis).
5. Hipertensi.
6. Pasien dengan riwayat penyakit migrain.
7. Pasien dengan riwayat penyakit trauma mata.

Penyakit glaukoma tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dikendlikan, misalnya dengan obat-obatan yang harus digunakan seumur hidup. Glaukoma juga dapat disembuhkan dengan cara operasi atau pengobtan laser untuk menurunkan tekanan pada bola mata sehingga dapat mencegah kerusakan mata lebih lanjut.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan bagi penderita glaukoma :
1. Pergunakan obat sesuai aturan dokter.
2. Pemeriksaan yang teratur.
3. Batasi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi.
4. Bagi perokok yang menderita glaukoma, sebaiknya membatasi merokok.
5. Menghidari kerja fisik atau mental yang berlebih.
6. Tidur dan istirahat yang cukup.
7. Selalu menjalankan pola hidup sehat.

Dikutip dari buku karya Setya Budiono, 2013, "Taukah Anda Sinyal Tubuh Ketika Sakit?", Jakarta : Dunia Sehat, hal. 33. (Redaksi HerbaIndonesia.Com)


Kolom Komentar
Berita Terkait