Wahana Apotek Herba, Edukasi Kreatif Mengenal Obat Herba
Tanggal Posting : Jumat, 5 Oktober 2018 | 08:56
Liputan : Artikel: Karyanto, Founder JamuDigital.Com - Dibaca : 29 Kali
Wahana Apotek Herba, Edukasi Kreatif Mengenal Obat Herba
Leader Dharma Dexa, Gloria S. Haslim meresmikan Establishment Apotek Herba Dexa Medica dan KidZania, di Jakarta, 12 September 2018. Foto: www.dexa-medica.com

HerbaIndonesia.Com Mengenalkan herba Indonesia yang memiliki potesi menyehatkan tubuh, harus dimulai sejak dini. Di Jakarta telah dibuka wahana (establishment) Apotek Herba, dimana anak-anak dapat mengenal lebih dekat manfaat herbal untuk kesehatan mereka.

Mengenalkan sejak dini, agar anak-anak dapat hidup sehat dengan herbal dan memiliki kreatifitas adalah saat yang paling tepat.

Artikel saya kali ini, mengupas perlunya media edukasi dan kreatifitas anak usia dini tentang herba. Saya mulai dengan sedikit mengupas mengenalkan anak-anak sejak usia dini tentang makna/fungsi kemandirian, dan kreatifitas.

Sejak usia dini, anak-anak harus dikenalkan dengan proses-proses kemandirian. Bentuk kemandirian pada anak, dapat meliputi perihal: Kemandirian dalam hal fisik (anak-anak mampu mengurus diri sendiri-yang secara umum anak-anak milenial mulai tergantung dengan peran pembantu rumah tangga), dan Kemandirian dalam hal psikologis (kemampuan dimana jika ada persoalan hidup, anak-anak dapat bertahan dapat mampu mencari solusi yang tepat).

Kemandirian sejak dini, dapat memiliki sejumlah fungsi strategis, antara lain: Mampu mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, Mampu mengendalikan emosi saat menghadapi situasi yang mungkin memberikan tekanan psikolgis, dan Bertanggung jawab terhadap yang dilakukan.

Dalam buku ‘Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini’, karya Utami Munandar (2002), disebutkan bahwa salah satu alasan mengapa kreativitas penting dimunculkan sejak dini, dipupuk dan dikembangkan pada diri anak sejak dini, karena antara lain dengan pertimbangan berikut ini:

  • Dengan berkreasi, anak dapat menampilkan dirinya.
  • Kemampuan berpikir kreatif akan melahirkan banyak ide-ide gagasan yang cemerlang.
  • Kreativitas diri akan meningkatkan kualitas hidup.

Sedangkan fungsi pengembangan kreativitas, Utami Munandar mengelompokkannya menjadi: Fungsi kreativitas perkembangan kognitif/keterampilan anak, Fungsi pengembangan kreativitas terhadap kesehatan jiwa, Fungsi pengembangan kreativitas terhadap perkembangan estetika.

Establishment Apotek Herba Dexa Medica & KidZania
Dalam rangka mengenal manfaat tanaman obat pada anak usia dini, akan lebih menarik dan mestimulus anak-anak terlibat intensif, jika dikemas dengan media yang efektif dan mengandung unsur fun-permainan.

Ketika anak-anak berinteraksi dengan bahan-bahan tumbuhan obat dari kekayaan alam Indonesia, mereka seolah-olah sedang bermain-main saja layaknya karakter seusia mereka. Rasa gembira dan senang, akan membawa anak-anak mencintai herbal secara natural.

Untuk tujuan tersebut di atas, PT. Dexa Medica dan KidZania Jakarta (PT Aryan Indonesia) membuka establishment (wahana) untuk memberikan edukasi di bidang pendidikan dan kesehatan melalui Establishment Apotek Herba, yang dibuka untuk umum pada 12 September 2018 di KidZania Jakarta.

Peresmiannya dilakukan oleh Leader Dharma Dexa, Gloria S. Haslim dan President Director KidZania Jakarta, Kerry Riza.

Establishment Apotek Herba Dexa Medica KidZania ini, sebagai bentuk dukungan dan komitmen dari Dexa Medica untuk mengembangkan sarana edukasi dan kesehatan kepada generasi penerus bangsa.

Leader Dharma Dexa, Gloria S. Haslim ketika dihubungi JamuDigital.Com, pada 29 September 2018 menjelaskan, bahwa wahana atau yang disebut pihak KidZania sebagai Establishment Apotek Herba Dexa Medica, merupkan bagian dari salah satu establishment yang ada di KidZania. "Di Establishment Apotek Herba, pengunjung dapat belajar ‘meramu’ beberapa produk herba," Gloria S. Haslim menambahkan.

Orang tua perlu mengenalkan jenis tanaman herbal dan khasiatnya. Nature for the future, pengenalan sejak dini kepada generasi masa depan, akan memberikan pengetahuan bahwa tanaman obat di Indonesia, jika diproses dengan teknologi canggih, akan bermanfaat bagi kesehatan.

Sejatinya, gerakan back to nature sudah mendunia. Generasi muda, generasi milenial juga sebenarnya sudah tahu adanya gerakan back to nature ini. Yang harus segera disiapkan adalah memberikan media pembelajaran yang tepat, sehingga generasi milenial semakin akrab dengan produk herbal. Terlebih lagi, Indonesia adalah negara mega biodiversitas- kaya akan keanekaragaman hayati.

"Jangan ragu mengajak anak Anda belajar dan bermain di establishment Apotek Herba Dexa Medica KidZania Jakarta. Mudah-mudahan establishment ini bermanfaat, mengenal kekayaan alam Indonesia dengan lebih baik. Apotek Herba ini juga bermanfaat sebagai edukasi bahwa bahan alam dapat dijadikan obat herbal dengan teknologi modern. Ini juga menjadi peran kita sebagai perusahaan farmasi untuk mengurangi ketergantungan impor," kata Gloria S. Haslim sebagaimana dimuat di website resmi PT. Dexa Medica.

Konsep establishment Apotek Herba, memperkenalkan dua pengalaman profesi, yaitu pertama menjadi seorang Apoteker (pengunjung KidZania Jakarta meracik dan meramu obat herbal, dan profesi seorang inventory- mengecek persediaan obat, merapikan display).

Setiap anak yang berkunjung, berperan sebagai seorang Apoteker di Apotek Herba, yang dilatih mengenali jenis tumbuhan, buah, batang yang bermanfaat dan diambil sarinya menjadi obat herbal.

Pengalaman merasakan profesi orang dewasa secara langsung oleh naka-anak, merupakan edukasi yang diharapkan menjadi modal bagi anak-anak untuk meningkatkan minat dan bakatnya di masa depan. Pengalaman ini, juga akan membawa pada peminatan dan kecintaan anak-anak generasi milenial terhadapt produk herbal Indonesia.

Model-model edukasi seperti wahana Apotek Herba dan media edukasi lainnya, untuk membangun persepsi terhadap keunggulan obat herbal Indonesia, adalah tugas kita bersama. Agar, Herbal Indonesia dapat Mendunia!

"Karyanto, Founder JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait