Temulawak Menjaga Fungsi Hati Anda
Tanggal Posting : Kamis, 12 April 2018 | 07:03
Liputan : Redaksi - Dibaca : 155 Kali
Temulawak Menjaga Fungsi Hati Anda

HerbaIndonesia.Com. Temulawak adalah salah satu tanaman herba dari Indonesia, yang juga sudah terkenal di berbagai negara. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) masih satu family dengan jahe dan kunyit, yaitu family Zingiberaceae.

Rimpang temulawak dipercaya dapat digunakan dalam mengobati kanker, penyakit terkait bakteri dan penyakit hati. Indonesia merupakan negara yang satu-satunya memanfaatkan rimpang temulawak sebagai bahan utama pembuatan jamu godog.

Adapun kandungan senyawa yang terdapat dalam temulawak meliputi kurkumin, desmetoksikurkumin, glukosida, foluymetik, karbinol, fellandrean, turmerol, serta minyak asiri yang terdiri atas kamfer, turtemol xanthorrihizol, myrcene, dan seskuiterpen.

Temulawak dipercaya berkhasiat mengobati sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, sakit cangkrang dan kanker. Selain itu temulawak dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, menjaga fungsi hati, memiliki aktivitas antimikroba, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Hasil penelitian Liang, dkk. pada tahun 1985 menyatakan bahwa kurkumin rimpang temulawak berkhasiat menetralkan racun, menghilangkan rasa nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah pembentukan lemak dalam sel hati, dan sebagai antioksidan.

Adapun ramuan temulawak sebagai berikut:

Ramuan obat hepatitis. Bahan-bahan: 10 gram rimpang temulawak, 10 gram kunyit, 10 gram temu putih, 10 gram rimpang temu mangga, 10 gram daun sambiloto kering, 10 gram ciplukan kering (seluruh bagian tanaman), 10 gram meniran (seluruh bagian tanaman), 2 gelas air (400 ml).

Cara membuat: Cuci semua bahan hingga bersih, Parut rimpang temulawak, kunyit, temu putih, dan temu mangga hingga halus, Campurkan parutan tersebut dengan ciplukan, meniran, dan daun sambiloto, Rebus campuran tersebut dengan air hingga tersari menjadi 1,5 gelas, Saring ramuan dan minum tiga kali sehari masing-masing sebanyak setengah gelas. Untuk mengurangi rasa pahit bisa ditambahkan dengan madu.

Ramuan Stimuli nafsu makan: Bahan-bahan (10 gram rimpang temulawak, cuci bersih, 2 sdm madu). Cara membuat: Perut umbi temulawak dan tambahkan setengah gelas air panas dan aduk hingga merata, Dinginkan, peras, dan ambil airnya. Tambahkan madu dan bagi ramuan menjadi tiga bagian, Minum ramuan tiga kali sehari. (Dikutip dari buku karya: Prapti Utami, Desty Ervira, 2013, "The Miracle Of Herbs, Jakarta : Argomedia, hal.177)


Kolom Komentar
Berita Terkait