Syamsi Dhuha Foundation Luncurkan Penelitian Bahan Alam untuk Lupus
Tanggal Posting : Senin, 7 Mei 2018 | 20:12
Liputan : Redaksi - Dibaca : 250 Kali
Syamsi Dhuha Foundation Luncurkan Penelitian Bahan Alam untuk Lupus
Kepala Badan POM RI., Penny K. Lukito menjadi keynote speech Peluncuran Hasil Penelitian Bahan Alam untuk Obat Penyakit Lupus

HerbaIndonesia.Com. Kepala Badan POM RI., Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP. menjadi keynote speech pada peluncuran hasil penelitian bahan alam untuk Lupus, pada Minggu, 6 Mei 2018, di Aula Barat ITB, Jl. Ganesha No. 10, Bandung.

Dalam kesempatan tersebut hadir atara lain, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Dra. Rr. Maya Gustina Andarini, Apt, M.Sc , Honesti Basyir (Direktur Utama PT. Kimia Farma, Tbk), Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahyono, M.Sc (Dekan Sekolah Farmasi ITB).

Syamsi Dhuha Foundation (SDF) adalah LSM nirlaba peduli Lupus peraih Sasakawa Health Prize 2012 dari WHO, pada 6 Mei 2018 kemarin, meluncurkan hasil penelitian bahan alam yang berpotensi sebagai komplemen terapi lupus.

Dalam siaran persnya, dijelaskan bahwa SDF bersinergi dengan tim relawan peneliti dari Fakultas Kedokteran UNPAD (FK UNPAD) & Sekolah Farmsi, SDF menginisiasi uji klinis herbal Cecendet/Ciplukan (Physalis angu/ata Linn) untuk mengetahui aspek keamanan & khasiat dari tanaman ini.

SDF kemudian menggandeng PT. Kimia Farma (Persero), Tbk untuk dapat memproduksi & mendistribusi kapsul ekstrak Cecendet ini, yang diberi merek Lesikaf. Dengan harapan hasil penelitian ini dapat diakses oleh orang dengan lupus (Odapus) di berbagai daerah di Indonesia dengan harga terjangkau.

"Saya bangga kepada Syamsi Dhuha Foundation dan temen-temen yang sudah berjuang. Suatu gambaran perjuangan yang harus menular kepada kita semua," kata Penny K. Lukito pada acara tersebut di atas.

BPOM RI. mendukung inisiatif penelitian dan pengembangan obat untuk penyakit langka (orphan drug) seperti Lupus. Penelitian dan pengembangan obat bahan alam, khususnya fitofarmaka, perlu dilakukan sebagai alternatif obat untuk penyakit Lupus dengan harga terjagkau (Istagram BPOM).

Syamsi Dhuha Foundation (SDF) - Bandung adalah LSM nirlaba yang merupakan support group Lupus peraih Sasakawa Health Prize 2012 dari WHO, sedang berikhtiar untuk menggali potensi bahan alam Indonesia sebagai suplemen terapi Lupus. Founder SDF adalah Eko Pratomo dan Pimpinan : Dian Syarief. Redaksi HerbalIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait