Strategi Jamu Tetes Soman Menembus Pasar Ekspor
Tanggal Posting : Selasa, 3 Sepember 2019 | 03:25
Liputan : Redaksi - Dibaca : 192 Kali
Strategi Jamu Tetes Soman Menembus Pasar Ekspor
Presiden Direktur PT. Harvest Gorontalo Indonesia, Riyanto menandatangani kontrak Supply Distribution Agreement (SDA) dengan Simon Chong- Sisnes Ltd. Hongkong pada Februari 2019.

HerbaIndonesia.Com. Strategi pemasaran Jamu Tetes Soman ke pasar global terus diperkuat, setelah sukses menembus pasar China, dan Hongkong pada Agustus 2019, selanjutnya dalam waktu dekat pada tahun 2019 ini akan dipasarkan ke Amerika Latin (Columbia, Mexico), dan Afrika (Pantai Gading, Kamerun).

Tahun 2019 mencatatkan sejarah penting- milestones bagi PT Harvest Gorontalo Indonesia- produsen Jamu Tetes Soman dengan pencapaian yang sangat bergengsi yaitu mampu menembus pasar China yang sangat terkenal dengan tradisi TCM-nya.

Pada 24 Agustus 2019 di Guansu- China, Presiden Direktur PT Harvest Gorontalo Indonesia, Riyanto disaksikan Kepala Badan POM RI., Penny K. Lukito beserta jajaran Badan POM, Ketua GP. Jamu dan delegasi Indonesia lainnya menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan HANGZHOU INGENT IMPORT AND EXPORT TRADE Co., Ltd. (Perusahaan di China) untuk memasarkan Jamu Soman di China dan dengan VITTORIA HEALTH SCIENCE AND TECHNOLOGY COMPANY LIMITED untuk memasarkan Jamu Soman di Hongkong.

Jamu Tetes Soman yang diproduksi PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI), dan dipasarkan oleh PT Soman Indonesia.

Riyanto menyampaikan penghargaan kepada Kepala Badan POM Republik Indonesia, Penny K. Lukito beserta jajarannya, dan semua pihak yang sudah membantu, memfasilitasi, sehingga produk Jamu Soman dapat dipasarkan ke China, Hongkong dan negara lainnya.

"Kami ucapkan terima kasih, perusahaan kami mendapat support dari BPOM sehingga produk kami dapat dipasarkan ke China, Hongkong dan ke negara lain," kata Riyanto.

Kepala Badan POM, Penny K. Lukito didampingi Dra. Mayagustina Andarini, Apt., M.Sc. (Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen, Kesehatan dan Kosmetik, BPOM), Dra. Indriaty Tubagus, Apt., M.Kes. (Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Badan POM), Drs. Tepy Usia, Apt. M.Phil. PhD. (Direktur Standarisasi Produk Pangan BPOM) ikut menyaksikan moment bersejarah ini bagi perkembangan Jamu Indonesia di masa datang.

MoA diatas dilakukan dalam rangkaian acara "The 2019 Traditional Chinese (Guansu) Medicine Industry Expo" di Guansu, China pada 23-24 Agustus 2019. Kepala Badan POM RI., Penny K. Lukito pada event internasional ini juga menyampaikan keynote speech saat acara pembukaan pada 23 Agustus 2019.

"Kami akan memfinalisasi MOU untuk memperkuat kolaborasi lebih lanjut untuk mendorong daya saing produk Jamu/Obat Tradisional Indonesia agar berkembang dan meningkatkan perdagangannya secara bilateral dengan China," kata Penny K. Lukito.

PT. Harvest Gorontalo Indonesia melakukan Dua MoA (Memorandum of Agreement - MoA) pada saat "The 2019 Traditional Chinese (Guansu) Medicine Industry Expo" di Guansu, China 24 Agustus 2019, yaitu:

  • Perjanjian Pemasok dan Distribusi oleh dan Antara PT. Harvest Gorontalo Indonesia-HGI (Pemasok) dan HANGZHOU INGENT IMPORT AND EXPORT TRADE Co., Ltd., -Hangzhou, Perusahaan di China (Distributor). Perjanjian dibuat di Lanzhou, Guansu, Tiongkok, pada tanggal 24 Agustus 2019. Hangzhou akan menjadi distributor eksklusif untuk memasarkan produk Jamu Soman di China.
  • Perjanjian Pemasok dan Distribusi oleh dan antara PT. Harvest Gorontalo Indonesia-HGI (Pemasok), dan VITTORIA HEALTH SCIENCE AND TECHNOLOGY COMPANY LIMITED, - Vittoria, Perusahaan di Hongkong (Distributor). Perjanjian dibuat di Lanzhou, Guansu, China, pada tanggal 24 Agustus 2019. Vittoria akan menjadi distributor eksklusif untuk memasarkan produk Jamu Soman di Hongkong.

Sebelumnya, PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI) telah menandatangi kontrak Supply Distribution Agreement (SDA) dengan Simon Chong dari Sisnes Ltd Hongkong pada Februari 2019. Dalam kesepakatan SDA ini, PT HGI akan mengekspor produk Jamu Tetes SoMan dengan nilai kontrak USD 12 juta (sekitar Rp 170 miliar, kurs USD = Rp 14.200).

Strategi Menembus Pasar Ekspor Tahun 2020
Setelah sukses mengukir sejarah dengan pencapaian yang gemilang sepanjang tahun 2019, maka pada tahun depan yaitu tahun 2020, Jamu Tetes Soman akan secara konsisten  memperluas pemasarannya ke  pasar global. Jamu Tetes Soman diharapkan mendunia.

Kepada Redaksi JamuDigital.Com, Presiden Direktur PT. Harvest Gorontalo Indonesia, Riyanto menyampaikan kabar gembira, bahwa pada awal tahun 2020 nanti, Jamu Tetes Soman akan dipasarkan ke negara-negara ASEAN (Singapura, Malaysia, Filipina, Kamboja, Thailand dan Myanmar).

Direktur Business Development, External Affairs & Corporate Secretary PT. Soman Indonesia, Djoko Rusdianto secara terpisah menjelaskan kepada Redaksi JamuDigital.Com bahwa dalam waktu dekat Jamu Tetes Soman akan diekspor ke Kolombia, Mexico, Kamerun, Pantai Gading, selanjutnya akan dipasarkan ke Senegal, Philippina, Thailand, Kanada dan Italia.

PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI) adalah produsen Jamu Tetes Soman, yang dipasarkan oleh PT. Soman Indonesia ke pasar dalam negeri dan ke pasar global.

Informasi tentang Jamu Tetes Soman, klik disini: https://www.somanindonesia.co.id/ ADVERTORIAL.


Kolom Komentar
Berita Terkait