Sirih Merah Pelindung Organ Jantung
Tanggal Posting : Minggu, 3 Februari 2019 | 09:44
Liputan : Redaksi - Dibaca : 75 Kali
Sirih Merah Pelindung Organ Jantung
Manfaat yang terkandung dalam sirih merah

HerbaIndonesia.Com. Siapa yang tidak mengenai sirih merah? Piper crocatum atau lebih dikenal dengan sebutan sirih merah merupakan tanaman herba dengan daun berbentuk pipih menyerupai jantung dan bertangkai panjang.

Permukaan daun berwarna khas, yakni permukaan atas berwarna hijau gelap berpadu dengan tulang daun berwarna merah hati keunguan. Batangnya berwarna hijau agak kemerahan dengan permukaan kulit berkerut.

Sirih merah merupakan salah satu tanaman obat potensial yang sejak dahulu diketahui memiliki berbagai khasiat obat untuk berbagai jenis penyakit, seperti jantung, diabetes, kanker, asam urat, hipertensi, dan lain sebagainya. Berbagai kandungan senyawa aktif dalam sirih merah dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan.

Sirih merah dapat ditemui sepanjang tahun di Indonesia karena pemeliharaan tanaman sirih merah tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Selama ini, sirih merah dapat tumbuh tanpa pemupukan dan hanya bergantung pada jumlah air dan cahaya matahari yang cukup, yaitu 60-75 %.

Secara empiris, sirih merah dapat memperbaiki kondisi berbagai jenis penyakit, seperti jantung, diabetes melitus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, hipertensi, prostatitis, radang mata, keputihan, tukak lambung, kelelahan, dan nyeri sendi.

Senyawa utama daiam sirih merah, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, dan minyak asiri-Iah yang memainkan peran sirih merah dalam pengobatan. Senyawa lain yang turut memainkan peranan dalam sirih merah sebagai obat adalah karvakrol dan eugenol.

Karvakrol bersifat disinfektan dan antijamur sehingga dapat digunakan sebagai obat antiseptik pada bau mulut dan keputihan. Sementara itu, kandungan eugenol dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Menurut Manoi dalam ulasannya mengenai Sirih Merah Sebagai Tanaman Obat Tradisional menyebutkan bahwa hasil uji preklinis pada tikus dengan pemberian ekstrak sirih merah hingga dosis 209/kg bobot badan menunjukkan hasil bahwa sirih merah aman untuk dikonsumsi dan tidak bersifat racun.

Berikut ini cara mengolah sirih merah untuk obat penyakit jantung:

Bahan

  • 3-4 lembar daun sirih merah ukuran sedang atau 6-8 lembar ukuran kecil
  • 4 gelas air (800 ml)

Cara Membuat

  1. Cuci bersih daun sirih merah dan iris tipis.
  2. Rebus daun sirih hingga tersari menjadi dua gelas.
  3. Saring ramuan dan minum selagi hangat sebanyak dua kah sehan sebelum makan. Setiap kali minum sebanyak satu gelas. (Sumber: Utami Prapti, "The Miracle of Herbs", Jakarta: AgroMedia Pusaka, 2013, hal. 169) Redaksi HerbaIndonesia.Com

 


Kolom Komentar
Berita Terkait