Sinergi Kodim Bekasi, GP.Jamu Jabar dan PPUIN, Sehatkan Masyarakat
Tanggal Posting : Jumat, 9 Agustus 2019 | 02:31
Liputan : Redaksi - Dibaca : 9 Kali
Sinergi Kodim Bekasi, GP.Jamu Jabar dan PPUIN, Sehatkan Masyarakat
Kodim Bekasi, GP.Jamu Jabar dan PPUIN adakan Baksos Pengobatan Tradisional, Pembagian Sembako, dan Giat Rumah Tidak Layak Huni di Bekasi Selatan, Kamis, 8 Agustus 2019

HerbaIndonesia.Com. Kodim 0507/Bekasi bersama Gabungan Pengusaha (GP) Jamu Jawa Barat dan Perkumpulan PARICARA USADA INDONESIA (PPUIN) megadakan Karya Bakti dan Bakti Sosial pelayanan kesehatan pengobatan tradisional, serta membagikan sembako kepada 150 warga, dan Giat Rumah Tidak Layak Huni- bertempat di Belakang Kemala Lagoon, Jl. Gayor Gang Seblak, Kelurahan Pekayon, Bekasi Selatan, pada Kamis, 8 Agustus 2019.

Acara dimulai dengan sambutan Letkol Inf. Abdi Wirawan, Dandim 0507/Bekasi, dilanjutkan sambutan Ketua Umum PPUIN, Mochamad Subechan, dan Ketua DPD GP .Jamu Jawa Barat, Erna Setiyawati, SE., S.Ag.Kes.

Selanjutnya Letkol Inf. Abdi Wirawan meninjau tempat baksos didampingi Mayor Inf. Siswo Prandoko, Danramil 0507/Bekasi, Mochamad Subechan dan Erna Setiyawati.

Baksos kali ini menghadirkan seorang dokter yaitu dr. Ardi Kaptiningsih dan sejumlah Apoteker dari industri jamu anggota GP. Jamu Jawa Barat, serta 20 orang terapis, dengan beragam kompetensi, seperti Pijat, Akupresure, Refleksi dan Totok.

Disela-sela kegiatan pengobatan tradisional, peserta juga mendapatkan penyuluhan pembuatan minuman herbal yang disampaikan oleh Tim Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar dengan tema: Jamu dan Jus Herbal untuk Penanganan Tekanan Darah Tinggi.

Siswo Prandoko kepada Redaksi JamuDigital.Com menjelaskan baksos ini terlaksana karena kerjasama GP. Jamu Jawa Barat dan PPUIN bersama Koramil 01 Kranji untuk menyambut Hut RI. ke-74. Bakti sosial ini diisi dengan penyuluhan kesehatan, pengobatan, dan pembagian sembako.

"Kegiatan ini dikoordinasi oleh Bapak Sucipto, pengusaha Jamu dari Daun Mas. Berlangsung di tempat yang padat pendududuknya dan sangat membutuhkan bantuan. Kebetulan disini juga dilakukan Karya Bakti. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat, selain terapis dan Baksos, juga berkaitan dengan giat Rumah Tidak Layak Huni (RTLH, ) diwilayah RW 26, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Selatan.

"Diantaranya 6 Unit rumah, melalui dana DID dengan nilai Rp. 20.000.000/unit. Dikerjakan berdasarkan Karya Bakti TNI, khususnya Kodim 0507/Bekasi. Semoga kedepannya kegiatan ini dapat terus berkesinambungan," ungkap Siswo Prandoko.

PPUIN

Pada kesempatan ini, Erna Setiyawati menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan para sponsor yang mensukseskan kegiatan ini, yaitu: PT. Indofarma, PT. Martina Berto/Martha Tilaar Group, CV. Vermindo Internasional, CV. Toga Nusantara, CV. Basamallah Food, CV. Elanazma Prima, PT. Herbal Salam, CV. Bintang Terang Lestari, PT. Daun Mas Media Husada, CV. Jasa Rama.

Sedangakn Mochamad Subechan menyampaikan bahwa kegiatan ini juga untuk memperkenalkan PPUIN sebagai Perkumpulan Paricara Usada Indonesia, memberikan kesadaran pada masyarakat tentang pengobatan tradisional, menjelaskan tentang pengobatan tradisional ramuan jamu dan ketrampilan, memberikan edukasi masyarakat untuk kembali ke pengobatan tradisional dari budaya bangsa sendiri. Bahwa pengobatan tradisional Indonesia tidak kalah degan pengobatan tradisional dari luar negeri.

"Juga edukasi ke masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan secara mandiri dengan mengoptimalkan kearifan sumber daya lokal (pemanfaatan toga) dan bumbu dapur sebagai upaya promotif dan preventif," urainya.

Kedepan, lanjutnya, masyarakat tidak mesti harus ke pusat pelayanan kesehatan masyarakat seperti Puskesmas, tetapi dengan memanfaatkan tanaman obat secara mandiri untuk menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait