Seminar Nasional POKJANAS TOI 2018
Tanggal Posting : Sabtu, 28 April 2018 | 05:29
Liputan : Redaksi - Dibaca : 305 Kali
Seminar Nasional POKJANAS TOI 2018
Seminar Nasional POKJANAS TOI 2018, Upaya Meningkatkan Kualitas dan Pengembangan Obat Tradisional Indonesia

HerbaIndonesia.Com. Seminar Nasional Kelompok Kerja Nasional Tanaman Obat Indonesia (POKJANAS TOI) ke- 54/2018 dilaksanakan di Hotel Polonia Medan pada 26-27 April 2018.

POKJANAS TOI bertujuan untuk : Mendapatkan hasil temuan penelitian tumbuhan obat, khususnya Imperata cylindrica (Alang-alang) dan Zanthoxylum sp (Andaliman). Meningkatkan pemanfaatan tumbuhan obat, khususnya untuk penyakit hipertensi. Melestarikan dan mempertahankan keberlanjutan pemanfaatan tumbuhan obat di kalangan masyarakat dan industri obat tradisional.

Dengan tema: "Penggalian, pelestarian, pemanfaatan berkelanjutan tumbuhan obat Indonesia, kajian tumbuhan Imperata cylindrica (Alang-alang) dan Zanthoxylum sp (Andaliman)"

Keynote Speakers: Pejabat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.: ’Kebijakan penguatan riset di perguruan tinggi terkait tanaman obat.’

Pembicara: dr. Alwi Thamrin Nasution, Sp.PD., KGH, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara: ’Hipertensi dan perkembangan terbaru pengobatan hipertensi.’ Prof. Dr. Jansen Silalahi, M.App.Sc., Apt. Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara: ’Review hasil penelitian tanaman obat Andaliman yang berkhasiat sebagai antikanker.

Prof. Dr. Urip Harahap, Apt.. Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara: ’Review hasil penelitian tanaman obat Alang-alang.’

Prof. Dr. Amri Amir, Sp.F(K), DFM., S.H., Sp.Ak.Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara: ’Keamanan dan efektifitas obat sintetik dan obat herbal dalam menangani hipertensi.’ Prof. Dr. Suwidjiyo Pramono, Apt. DEA.: ’Review seledri sebagai tanaman obat untuk hipertensi.’

Dalam pertemuan di Balai Penelitian Tumbuhan Rempah dan Obat (BALITTRO) Bogor pada 4 Agustus 1990 dibentuklah Kelompok Kerja Nasional Tumbuhan Obat Indonesia (POKJANAS TOI) untuk pertama kalinya.

Overview.

Tujuan didirikannya POKJANAS TOI adalah untuk mengkoordinasi penelitian dan pengembangan (Litbang) di bidang tumbuhan obat termasuk obat tradisional Indonesia, yang mencakup pelestarian dan budidaya tumbuhan obat (dalam teknologi farmasi, pemasaran, pengaturan, pengembangan database dan pengendalian mutu.

Seminar POKJANAS TOI diselenggarakan secara rutin dua kali setahun dengan bergantian dari satu institusi ke institusi lain yang menjadi anggota POKJANAS TOI, membahas 2 spesies tumbuhan dan dapat ditambah dengan spesies tumbuhan yang dianggap penting.

Pada seminar POKJANAS TOI ke-53 di Malang, nama POKJANAS TOI diganti menjadi POKJA TOOT (Kelompok Kerja Tumbuhan Obat Obat Tradisional).

POKJA TOOT ke-54 akan diselenggarakan pada hari Kamis-Jumat, 26-27 April 2018 di Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, Medan, dengan mengangkat tumbuhan Imperata cylindrica (Alang-alang) dan Zanthoxylum sp (Andaliman) dengan sub tema hipertensi. (Dikutip dari: https://ocs.usu.ac.id/pokjatoot/index/schedConfs/current) Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait