Segudang Manfaat Jamu Beras Kencur
Tanggal Posting : Jumat, 17 Agustus 2018 | 10:05
Liputan : Redaksi - Dibaca : 215 Kali
Segudang Manfaat Jamu Beras Kencur
Segudang Manfaat Jamu Beras Kencur

HerbaIndonesia.Com. Minuman enak dan segar kini tak hanya untuk pelepas dahaga. Karena kini banyak minuman dengan rasa enak yang memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh.

Jamu beras kencur ini dibuat dari aneka rempah alami seperti beras putih, kencur, jahe, asam Jawa, gula Jawa dan lain sebagainya.

Bahan-bahan yang digunakan memang sederhana, namun menyimpan khasiat yang luar biasa dibanding minuman segar lainnya.

Menurut buku "Jamu 38 Racikan Jamu Nikmat Sehat Warisan Nenek Moyang" manfaat beras kencur yang terkenal adalah sebagai penyegar badan yang lelah.

Jadi jamu beras kencur ini cocok dikonsumsi setelah bekerja, olahraga dan aktifitas sehari-hari lainnya. Selain itu jamu ini baik untuk anak-anak dan ibu yang sedang menyusui.

Jamu beras kencur yang memiliki rasa manis dengan sedikit asam dan bau kencur yang khas ini bisa dinikmati selagi masih hangat atau ketika dingin lengkap dengan beberapa butiran es batu sebagai penambah kesegarannya.

Adanya minuman beras kencur yang merupakan jamu tradisional Jawa asli ini merubah pandangan orang terhadap jamu yang biasanya terkenal dengan rasa pahit getirnya.

Sebenarnya masih banyak jamu tradisional gendong lainnya yang memiliki rasa manis dan segar. Seperti kunyit asam, jamu temulawak dan lain sebagainya.

Kencur salah satu bahan utama pembuatan resep jamu beras kencur ini mempunyai nama latin Kaempferia galangal L yang termasuk satu spesies dengan kunyit, jahe serta lengkuas. Kencur yang dipadukan dengan beras akan mengahasilkan ramuan beras kencur yang berkhasiat.

Salah seorang pakar kedokteran saat ini sebagai profesor ke-11 LItbangkes Kemenententerian Kesehatan Prof. Dr. Lestari Handayani, M.Med mengemukakan bahwa, berikut ini 10 manfaat beras kencur bagi kesehatan :

  1. Mengobati Sakit Kepala
  2. Mencegah dan Mengatasi Jerawat
  3. Mengobati Masuk Angin
  4. Meredakan Sakit Tenggorokan
  5. Mengobati Sariawan
  6. Meredakan Rasa Nyeri
  7. Meningkatkan Stamina Tubuh
  8. Mengobati Perut Mulas
  9. Meningkatkan Nafsu Makan
  10. Menurunkan Kolesterol Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait