Rosella Sebagai Anti Inflamasi dan Pencegah Kanker
Tanggal Posting : Selasa, 26 Juni 2018 | 06:56
Liputan : Redaksi - Dibaca : 151 Kali
Rosella Sebagai Anti Inflamasi dan Pencegah Kanker
Rosella Sebagai Anti Inflamasi dan Pencegah Kanker

HerbaIndonesia.Com. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Asia (India hingga Malaysia) atau Afrika tropis kemudian menyebar hingga Amerika Tengah.

Rosella dapat tumbuh diberbagai kondisi tanah, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi sekitar 1.250 mdpl.

Rosella berperawakan terna, tegak, tinggi mencapai 3 m. Daun tunggal, tepi berlekuk 3-5, warna hijau, tangkai daun ungu kemerahan.

Kelopak setelah bunga mekar menjadi tebal dan berdaging, kelopak, tambahan berjumlah 8-12, warna ungu, mahkota bunga warna kuning.

Di India terdapat dua varietas rosella berdasarkan habitus pertumbuhan dan kegunaan akhir yaitu rosella yang bercabang banyak dan berpigmen untuk digunakan bagian kelopaknya dan rosella yang tidak bercabang dan lebih tinggi untuk dimanfaatkan serat batang.

Rosella mengandung flavonoid seperti hibiscitrin dan hibiscetin, sedang kelopak kering bunga rosella mengandung flavonoid (gossipetin, hibiscitin, dan sabadaretin), alkaloid, sitosterol, antosianin, asam sitrat, galaktosa, pectin.

Rosella dapat digunakan untuk anti hipertensi, anti inflamsi dan pencegah kanker. (Sumber: "Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia", Kementerian Kesehatan RI, Tawangmangu 2011, hlm. 106) Redaksi HerbaIndonesiaCom


Kolom Komentar
Berita Terkait