Ramuan Untuk Meredakan Batuk
Tanggal Posting : Minggu, 10 Februari 2019 | 10:15
Liputan : Redaksi - Dibaca : 237 Kali
Ramuan Untuk Meredakan Batuk
Daun Ceplukan (Physalis angulata L.) Berfungsi Meredakan Batuk

HerbaIndonesia.Com. Batuk merupakan suatu refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran nafas. Batuk juga membantu melindungi paru-paru dari masuknya benda asing yang berasal dari saluran cerna atau saluran nafas bagian atas.

Batuk dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Batuk berdahak (batuk produktif)

Batuk berdahak adalah batuk yang mengeluarkan dahak (sekret). Dahak berasal dari mukosa saluran nafas yang |epas dan memicu terjadinya batuk untuk mengeluarkannya. Apabila tidak dikeluarkan, dahak akan mengganggu pernafasan dan kemampuan paru-paru untuk melawan infeksi.

2. Batuk tidak berdahak (batuk kering)

Batuk tidak berdahak dapat disebabkan karena iritasi mukosa bronhi sehingga terjadi bronhokonstriksi dan selanjutnya menstimulasi reseptor batuk pada salura trakheobronhi.

Secara garis besar ada dua penyebab batuk yaitu batuk karena infeksi dan bukan infeksi. Batuk karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus misalnya tuberkulosa, influenza, campak dan batuk rejan, sedangkan penyebab batuk bukan karena infeksi atau iritasi, debu, alergi, makanan yang merangsang tenggorokan dan batuk pada perokok.

Pada umumnya batuk berdahak maupun tidak berdahak dapat dikurangi dengan cara menghangati daerah leher, mengkonsumsi lozenges (permen pereda tenggorokan), banyak minum air putih untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal serta menghindari paparan debu, minuman atau makanan yang dapat merangsang tenggorokan dan udara malam yang dingin.

Batuk berdahak diobati dengan obat-obatan yang bersifat ekspektoran (pengencer dahak) seperti: akar manis, adas manis, sedang batuk tidak berdahak diobati dengan antitusif.

Ramuan :

  • Ciplukan 10 9
  • Air 2 gelas

Cara pembuatan :

  • Bahan digodog dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas

Cara pemakaian:

  • Diminum 3 kali sehari 1 gelas (Sumber: Badan POM RI., "Dokumentasi Ramuan Etnomedisin Obat Asli Indonesia", BPOM RI. Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen Direktorat Obat Asli Indonesia: Jakarta, 2013, hal. 13) Redaksi HerbaIndonesia.Com

 

 


Kolom Komentar
Berita Terkait