Presiden Indonesia Gemar Minum Jamu
Tanggal Posting : Jumat, 9 Maret 2018 | 03:23
Liputan : Redaksi - Dibaca : 247 Kali
Presiden Indonesia Gemar Minum Jamu

(www.herba-indonesia.com) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo penggemar minum jamu. Dalam berbagai kesempatan, Jokowi dengan sumringah minum jamu gendong. Berikut ini, beberapa liputan media tentang kegemaran Presiden Republik Indonesia tersebut. (Redaksi)

Presiden Jokowi saat ini berada di Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan negara-negara Islam dan Amerika Serikat. Sepekan sebelumnya, Jokowi berada di Beijing untuk menghadiri KTT One Belt One Road setelah melakukan kunjungan kerja Lintas Nusantara dari Aceh sampai Papua selama 5 hari.

Bisa dibilang tak ada hari libur bagi Jokowi dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Negara. Tak jarang pula dia menggelar rapat kabinet terbatas beberapa kali dalam sehari di Istana.

Akhirnya Jokowi mengungkap rahasia dapurnya lewat video yang diunggah di akun facebook resminya. Terlihat jelas bagaimana juru masak Jokowi meracik jamu andalan pria kelahiran Surakarta tersebut.

"Kali ini, saya mengajak Anda semua menengok dapur saya. Maksud saya, dapur tempat mengolah makanan dan minuman di kediaman saya. Tentu atas seizin Bapak Tri Supriharjo, sang juru masak. Ia telah bersama saya sejak tahun 2013. Pak Tri begitu paham selera makan saya. Ia juga tahu benar takaran dan racikan ramuan jamu untuk saya. Inilah dapur kediaman saya," tulis Jokowi pada Minggu (21/5/2017)

Tri menyebut Jokowi sebagai orang yang sangat sederhana. Sementara Jokowi, menyebut Tri orang yang paham selera makannya. "Ia juga tahu benar takaran dan racikan ramuan jamu untuk saya," kata Jokowi.

Tri membagikan resep rahasia jamu yang diminum Jokowi lengkap dengan wadah kesukaan Jokowi. "Bapak itu, yang saya tahu sederhana sekali. Yang paling baku kalau pagi itu jamu, teh pahit," katanya.

Ia membeberkan, jamu Jokowi terdiri dari temu temu lawak, jahe, dan kunyit. Campuran ketiga bahan itu kemudian direbus sampai airnya berkurang dan berubah warna. Lalu dituangkan ke dalam mug besar. Mug antik yang disebutnya favorit Jokowi.

"Potongan temu lawak 8 potong, jahe 6 potong, kunyut tiga potong," kata Tri. Tri mengaku senang dapat melayani Jokowi. "Saya belum pernah selama melayani Bapak dikomplain, apalagi dimarahi," kata pria asal Karanganyar, Solo, Jawa Tengah ini. (https://merahputih.com/post/read/jokowi-tiap-pagi-minum-jamu-ini-resep-hahasianya-dari-juru-masak-presiden)

Adalah dr. Prapti Utami- dokter yang mendalami herbal menyebutkan bahwa jamu yang dikonsumsi oleh Presiden Jokowi ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Menurut dr. Prapti, ketiga bahan alami itu ternyata kaya akan antioksidan dan nutrisi sehat lainnya sehingga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Alhasil, tubuh akan terhindar dari serangan radikal bebas yang bisa merusak sel dan memicu berbagai macam penyakit.

Dr. Prapti kemudian menyebutkan bahwa temulawak ternyata memiliki sifat hepatoprotektor atau mampu memberikan perlindungan kesehatan bagi organ hati. Sementara itu, jahe bisa membuat peredaran darah lebih lancar sekaligus menjaga kehangatan tubuh.

Kunyit sendiri ternyata memiliki sifat antibiotik alami yang baik dalam melawan berbagai macam penyakit sekaligus membuat saluran pencernaan terjaga kesehatannya.(http://doktersehat.com/seperti-apa-khasiat-jamu-yang-suka-dikonsumsi-presiden-jokowi/)

Siapa sangka jamu tradisional menjadi menu minuman resmi kenegaraan saat peringatan Hari Kemerdakaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Jamu tardisional racikan Nyimas Noeke Noerhani ini sudah ada sejak 2006 lalu. Jamu tersebut di jual mulai harga Rp. 8.500 hingga Rp 10 ribu per botol, tergantung jamunya.

Cyprin A Dewayani (29), mengatakan jamu buatan ibunya menjadi minuman tradisional khas Indonesia yang diberikan kepada tamu undangan serta Presiden Jokowi saat peringatan HUT Kemerdekaan di Istana Negara Jakarta.

"Rutin setiap tahun kami kirim saat peringatan hari kemerdekaan untuk para tamu," ujar Cyprin kepada TribunnewsBogor.com di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (23/3/2016). Ada sembilan jenis jamu tradisional yang tersedia, yakni Jahe Merah, Kunyit Asem, Temulawak, Beras Kencur, Jeruk Purut, Kunyit Kunci Sirih, Kunyit Putih, Sinom, Sari Kulit Manggis."Kalau Pak Jokowi sukanya jamu temulawak," kata dia. (http://www.tribunnews.com/regional/2016/03/23/penampakan-jamu-tradisional-minuman-presiden-jokowi-dan-tamu-negara)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap resep hidup sehat yang membuat dia tetap fit mengerjakan tugas-tugas pemerintahan dan berkeliling ke daerah-daerah hampir tanpa libur. Akun Facebook resmi Presiden Jokowi sebelumnya memasang video yang menunjukkan juru masaknya yang bernama Tri Supriharjo meracik jamu andalan untuk dia yang dibuat dari delapan potong temulawak, enam potong kunyit, dan tiga potong jahe.

"Jamu apa? Masa setiap hari kita ngomong jamu? Ya saya tambahkan saja, (minum) kelapa hijau tiga kali per minggu, yang hijau lho ya, tiga kali per minggu, itu untuk detoks (detoksifikasi)," katanya dalam wawancara khusus dengan LKBN Antara di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 16 Oktober 2017. "Kelapa muda tidak pakai gula, tidak pakai apa-apa, gelondongan saja, itu jamu saya.

Olahraga saya juga sebenarnya tidak banyak, paling dua-tiga kali lari seminggu," tambah Presiden. Presiden pun mengaku tidak memantang makanan.

"Saya makan semua makanan, tapi memang saya makan secukupnya. Kalau ada lobster, wah enak banget terus saya makan 10, ya tidak lah, tetap makan separuh ya cukup," katanya. "Kemarin juga saat ke Sumenep, Madura, ada sate enak banget, yang lain makan 10 (tusuk), saya empat (tusuk) saja cukup," tambah Jokowi.

Selain menjaga kesehatan tubuh, Presiden juga menjaga penampilan. Dia punya cara sendiri untuk merawat rambut. "Nah kemiri juga pakai. Masih (kemiri) yang asli, jadi ya dari yang botolan pasar itu, buatan tradisional, bukan buatan toko, yang botol-botol kuno begitu saja," kata Presiden Jokowi, yang rambutnya memang belum terlihat memutih. (https://www.msn.com/id-id/kesehatan/kebugaran/rahasia-bugar-presiden-jokowi-dari-kelapa-muda-sampai-kemiri/ar-AAtEVzZ). (Redaksi HerbaIndonesiaCom)


Kolom Komentar
Berita Terkait