Pola Hidup Back to Nature Lebih Sehat
Tanggal Posting : Jumat, 5 Oktober 2018 | 09:00
Liputan : Redaksi - Dibaca : 38 Kali
Pola Hidup Back to Nature Lebih Sehat
dr. Riris Widhawati. M.Si (Peneliti Herbal) di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Sabtu, 29 September 2018

HerbaIndonesia.Com. Untuk hidup sehat, kita harus memiliki pola hidup sehat, pola pikir, pola rasa dan perilaku sehat sehari-hari. Mengkonsumsi Herbal/Jamu adalah bagian dari pola hidup sehat.

Demikian pokok-pokok kajian ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Indra Djaman Sp.PD, Dr. Purindro San (dokter dan praktisi pertanian organik) dan dr. Riris Widhawati. M.Si (Peneliti Herbal) dengan tema

"Kebangkitan Ketahanan Pangan Nasional dari Hulu ke Hilir dan Dunia Kesehatan", yang berlangsung di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, pada Sabtu, 29 September 2018.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Riris memaparkan tentang kesehatan dan herbal, dan agar sehat perlu mengubah pola hidup.

"Kita ingin agar jama’ah sadar bahwa untuk sehat itu, perlu merubah pola hidup, pola pikir, pola rasa dan perilaku selama 24 jam,’ ujarnya.

Berpikir pola hidup sehat, pintu masuknya adalah melalui: Pertama, Makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kedua, Herbal sebagai alternatif solusi kesembuhan, apalagi sejumlah bahan alam, dianjurkan oleh Rasulullah saw untuk kesehatan. Seperti: Madu, Kurma, Jinten Hitam, Zaitun dan lain-lain.

Dihadapan ratusan peserta yang hadir, dari kalangan mahasiswa dan lintas profesi, dr. Riris menganjurkan agar kita kembali ke alam- back to nature. Dan saat memilih Jamu, agar berpatokan 5T (Tepat Bahan Herbalnya, Tepat Dosisnya, Tepat Bentuk sediaannya, Tepat Cara pemberian, Tepat memilih kemanfaatannya), karena herbal juga mempunyai efek samping jika digunakan tidak sesuai dengan ketentuan.

Sedang pembicara yang lain menyampaikan mindset revolution terkait Herbal dan beras organik. Pada kajian ilmiah tersebut, dapat ditarik beberapa kesimpulan diantaranya:

  1. Kedua pembicara telah menyampaikan mindset revolution terkait Herbal dan Beras Organik.
  2. Saat mengkonsumsi herbal menaati prinsip 5T
  3. Sebagaimana obat konvensional, maka Herbal juga mempunyai efek samping, jika digunakan tidak sesuai ketentua.
  4. Produk Herbal harus dikonsumsi dengan jeda 1 jam, jika diminum sebelum atau setelah obat konvensional
  5. Penyembuhan adalah hak prerogatif Allah swt, sedangkan manusia hanya berusaha dan berdo’a.
  6. Produk Herbal yang dikonsumsi sebaiknya organik
  7. Jika pasien minum obat konvensional dari resep dokter, dan kemudian ingin mengganti dengan herbal harus berkonsultasi dengan dokter. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait