Perhatikan 5 Gejala Kanker Usus Besar
Tanggal Posting : Jumat, 26 April 2019 | 03:39
Liputan : Redaksi - Dibaca : 114 Kali
Perhatikan 5 Gejala Kanker Usus Besar
Perhatikan 5 Gejala Kanker Usus Besar. Foto: gejalapenyakitmu.blogspot.com

HerbaIndonesia.Com. Kanker usus besar, yang juga disebut kanker kolorektal, adalah penyebab utama ketiga kematian terkait pada pria dan wanita di Amerika Serikat.

Untuk pria, risiko keseluruhan terkena kanker usus besar adalah sekitar satu dari 22, yang setara dengan 4,49 persen. Sistem pencernaannya kompleks, yang membuat gejala kanker usus besar sulit ditangkap.

Akibatnya, sangat penting untuk menghadiri pemutaran kanker usus besar secara teratur. Akibatnya, banyak gejala dapat mengindikasikan kanker usus besar, tetapi jika seseorang memiliki gejala-gejala ini, itu tidak selalu berarti bahwa mereka menderita penyakit ini.

Ada banyak penjelasan lain untuk gejalanya, seperti infeksi atau penyakit radang usus (IBD). Namun, siapa pun yang mengalami gejala baru mungkin ingin mengujungi dokter untuk diagnosis.

Berikut ditampilkan lima gejala yang umum terjadi kanker usus besar pada pria dan wanita sebagaimana dilansir situs medicalnewstoday.com (6/3/2019):

1. Perubahan kebiasaan buang air besar.

Perut yang kesal atau infeksi ringan sering dapat menyebabkan perubahan pada usus, seperti sembelit, diare, atau tinja yang sangat sempit dan tipis. Namun, masalah ini biasanya teratasi dalam beberapa hari setelah penyakit reda.

Perubahan usus yang berlangsung lebih dari beberapa hari mungkin merupakan tanda masalah kesehatan yang mendasarinya. Jika seseorang memiliki gejala-gejala ini secara teratur atau lebih dari beberapa hari, mereka harus pergi ke dokter.

2. Kram dan kembung

Kadang kram dan kembung adalah masalah pencernaan umum yang dapat terjadi karena sakit perut, gas, atau makan makanan tertentu.

Sering mengalami kram yang tidak dijelaskan dan kembung dapat menjadi tanda kanker usus besar, meskipun gejala ini lebih sering merupakan akibat dari masalah kesehatan lainnya.

3. Merasa seolah-olah isi perut tidak kosong

Jika pertumbuhan berubah menjadi penyumbatan di usus besar, itu dapat menyebabkan orang merasa seolah-olah mereka tidak pernah dapat mengosongkan usus mereka. Bahkan jika usus mereka kosong, mereka masih akan merasa perlu menggunakan kamar kecil lagi.

4. Darah dalam tinja

Melihat darah dalam tinja bisa menakutkan. Kotoran mungkin memiliki garis-garis darah merah segar, atau seluruh tinja mungkin memiliki penampilan yang lebih gelap dan kering.

Ada banyak kemungkinan penyebab tinja berdarah lainnya, seperti wasir. Namun, siapa pun yang mengalami darah dalam tinja mereka harus tetap pergi ke dokter untuk diagnosis.

5. Penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya

Tiba-tiba dan tanpa diduga menurunkan berat badan adalah tanda dari beberapa jenis kanker. Kehilangan 10 pound atau secara tidak sengaja dalam waktu 6 bulan mungkin merupakan tanda untuk dilaporkan ke dokter.

Pada penderita kanker, penurunan berat badan mungkin disebabkan oleh sel kanker yang mengonsumsi lebih banyak energi tubuh. Sistem kekebalan juga bekerja keras untuk melawan sel kanker.

Jika tumornya besar, dapat menyebabkan penyumbatan di usus besar, yang dapat menyebabkan perubahan usus dan penurunan berat badan lebih lanjut. (Sumber: https://arieskelana.com/2019/04/17/kenali-5-gejala-kanker-usus-besar/). Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait