Percepatan Validasi Data STR Online Versi 2.0 untuk Organisasi Profesi PPKESTRAKI
Tanggal Posting : Rabu, 8 Mei 2019 | 04:17
Liputan : Redaksi - Dibaca : 12 Kali
Percepatan Validasi Data STR Online Versi 2.0 untuk Organisasi Profesi PPKESTRAKI
Dr. Riswahyuni Widhawati, M.Si, Sekretaris PPKESTRAKI (Paling Kanan) pada Kegiatan Validasi Data STR Online Versi 2.0 di Batam.

HerbaIndonesia.Com. Dengan diberlakukannya STR Online Versi 2.0 dan dalam rangka percepatan proses validasi data pada Aplikasi STR Online Versi 2.0, Sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI), Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan, mengadakan pertemuan pada 2-4 Mei 2019 di Batam.

Terkait dengan surat dari Sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI), Perihal Pemohon Proses Validasi Registrasi STR Online Versi 2.0, dan surat edaran dari Kepala Badan BPPSDM Kesehatan Nomor HK/02.02/1/3106/2018 tentang Pemberlakuan Perubahan Permohonan Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan, maka Organisasi Profesi Perkumpulan Profesi Kesehatan Tradisional dan Komplementer Indonesia (PPKESTRAKI) menunjuk Dr. Riswahyuni Widhawati, M.Si (Sekertaris PPKESTRAKI) sebagai Validator Registrasi STR Online Versi 2.0 Organisasi Profesi PPKESTRAKI. Demikian surat keterangan dari Ketua PPKESTRAKI: Prof. Dr. dr. Erni H. Purwaningsih, MS.

PPKESTRAKI (Perkumpulan Profesi Kesehatan Tradisional dan Komplementer Indonesia) adalah organisasi profesi tenaga kesehatan tradisional komplementer. Berdiri dan disahkan pada 13 Maret 2015, di Jakarta.

Dr. Riswahyuni Widhawati, M.Si. mengungkapkan bahwa Validasi Dokumen STR online versi 2.0, bertujuan untuk: 1. Meminimalkan biaya/pembayaran tidak perlu dilakukan berulang kali. Pembayaran hanya Rp. 100.000 untuk setiap pengajuan STR.

Dengan alur pengurusan, sebagai berikut: a. Upload semua file/data yang telah ditentukan, b. Jika sudah dikoreksi dan telah disetujui divalidasi, c. Maka baru melakukan pembayaran sebesar Rp. 100.000., d. Setelah itu akan dicetak/diprint oleh MTKI (at KTKI), d. Dan setelah itu akan dikirimkan kepada alamat yang mengajukan STR dan memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu sampai ke alamat tersebut.

Dan proses pengajuan STR ini dilakukan per individu masing-masing yang mengajukan STR tersebut karena menggunakan alamat email masing-masing individu. Dan akan diberikan password masing-masing individu yang harus dicatat masing-masing untuk mengupload data, demikian Dr. Riswahyuni Widhawati, M.Si. menjelaskan kepada Redaski HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait