Pemilihan Duta Jamu dan Festival Laskar Jamu Gendong 2018
Tanggal Posting : Selasa, 17 April 2018 | 13:53
Liputan : Redaksi - Dibaca : 486 Kali
Pemilihan Duta Jamu dan Festival Laskar Jamu Gendong 2018
Direktur Eksekutif GP.Jamu Jateng, Stefanus Handoyo bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (Kanan)

HerbaIndonesia.Com. Jamu adalah warisan budaya Indonesia, yang selain dapat menjadi bagian penting dalam pembangunan kesehatan, juga memberikan nilai ekonomi secara nasional yang strategis. Terlebih Indonesia sebagai negara terbesar kedua di dunia dalam hal kekayaan hayati (biodiversitas).

Patut diapresiasi jika banyak pihak melakukan upaya-upaya kongkret untuk menjadikan jamu sebagai asset nasional yang harus ditumbuh-kembangkan. Dalam waktu dekat ini, di Jakarta akan digelar Festival Laskar Jamu Gendong, dan di Jawa Tengah diadakan Pemilihan Duta Jamu.

Kegiatan-kegiatan tersebut diatas tentu saja, bagian dari upaya melestarikan dan mengembangkan budaya asli Indonesia, yang sudah turun-temurun.

Menurut Direktur Eksekutif GP. Jamu Jawa Tengah, Stefanus Handoyo Saputro, dengan adanya festival jamu ini, maka masyarakat diharapkan dapat terus meningkatkan kecintaan kepada jamu.

"Dengan adanya kegiatan jamu go to school diharapkan para remaja semakin gemar minum jamu. Bahwa jamu itu menyehatkan, tidak juga pahit, misalnya jamu beras kencur, kunir asem, temulawak. Kegiatan ini diadakan pada Kamis, 19 April 2018," katanya khusus kepada Redaksi HerbaIndonesia.Com, pada Selasa, 17 April 2018.

Untuk tahun depan, festival jamu akan diadakan bulan Maret 2019, lanjut Stefanus Handoyo, dan festivalnya tidak digabung dengan kuliner, tetapi khusus festival jamu yang akan diadakan di Cilacap. "Kegiatan ini untuk membesarkan jamu di masyakarkat," katanya optimis.

Kegiatan Festival Laskar Jamu Gendong, disambut antusias Laskar Jamu Gendong di DKI dan sekitarnya. Salah satunya adalah Lasmi Lestari, laskar Jamu Gendong yang berdomisili di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. "Besok tanggal 21 April 2018, temen-temen akan kumpul di Taman Mini ada lomba jamu gendong," ujarnya semangat.

Lasmi Lestari terbilang senior, karena dia sering memberikan pelatihan tentang jamu gendong, tidak saja di Jakarta, tetapi juga di Kawasan Depok, Jawa Barat- yang secara geografis memang menempel dengan Kawasan Jakarta Selatan.

Agenda Festival Laskar Jamu Gendong di Jakarta
Acara Festival Jamu Gendong yaang bertempat di Selasar Sasono Utomo, TMII Sabtu, 21 April 2018
Persyaratan mengisi Formulir : Nama Lengkap, Alamat, Prestasi /Kejuaraan, No Tlp:, Menyerahkan Foto Berwarna Ukuran 4X6 Sebanyak 1 Lembar, Fotokopi KTP 1 Lembar

Agenda Pemilihan Duta Jamu di Jawa Tengah
Tempat dan Hadiah:
Festival jamu dan kuliner di Jawa Tenggah. Acara dilaksanakan pada 20 April 2018 di alun-alun Kota Rembang. Dengan hadiah: Juara 1 : Rp. 5.000.000 + Piala & Piagam, Juara 2 : Rp. 4.000.000 + Piala & Piagam, Juara 3 : Rp.3.000.000 + Piala & Piagam.

Persyaratan: Tinggi badan minimal 160 cm, Usia 17-25 tahun, Warga negara Indonesia, Berbahasa Jawa dan Bahasa Indonesia dengan baik, Fotokopi KTP, SKCK, Pas foto 4X6

Ketentuan: Pemahaman tentang pengetahuan umum, Pariwisata dan Jamu, Penilaian Kepribadian, moral dan etiket, Kemampuan berbahasa Jawa dan atau bahasa Jawa dialek daerah yang ada di Jawa Tenggah, Kemampuan berhasa Indonesia dan Inggris (Nilai Tambah), Kemampuan dalam berbicara didepan public, Penampilan menarik

Dimeriahkan: Tarian Kontenporer "Suwe Ora Jamu", Display Fotografi Sejarah dan Wisata Budaya Jawa Tenggah, Talk Show Interaktif oleh GP Jamu Jawa Tenggah, Pameran Stand Festival Jamu dan Kuliner 35 Kabupaten Se Jawa Tenggah, Pemilihan Stand Terbaik Festival Jamu dan Kuliner 2018, Pemilihan Duta Jamu Jawa Tenggah 2018.

Hiburan Seni dan Budaya Lokal, Senam Jamu Gendong, Fruit Carving oleh ICA BPC PAKUD JEMBARA (Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang, Blora), Pelatihan Sulam Pita oleh IPEMI, Lomba Mewarnai tingkat TK, dan penampilan Artis Nasional.  (Redaksi HerbaIndonesia.Com)


Kolom Komentar
Berita Terkait