Minum Jus Blueberry, Jika Ingin Jantung Sehat
Tanggal Posting : Jumat, 7 Juni 2019 | 01:10
Liputan : Redaksi - Dibaca : 64 Kali
Minum Jus Blueberry, Jika Ingin Jantung Sehat
Manfaat Blueberry (Cyanococcus) untuk kesehatan jantung. Foto: www.food.detik.com

HerbaIndonesia.Com. Menurut sebuah studi baru, mengonsumsi 1 cangkir blueberry setiap hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat mengurangi risiko kardiovaskular. Penyakit yang termasuk kaardiovaskular adalah hipertensi, penyakit jantung koroner, stroker, dan gagal jantung.

Seperti dilansir situs medicalnewstoday.com (1/6/2019), Dewan Highbush Blueberry Amerika Serikat membantu mendanai penelitian untuk menyelidiki manfaat blueberry yang potensial bagi kesehatan jantung.

Para peneliti dari Universitas East Anglia di Inggris bekerja sama dengan para ilmuwan dari Universitas Harvard di Cambridge, MA.

Secara khusus, mereka ingin memahami apakah mengonsumsi blueberry secara teratur dapat mengubah profil metabolisme orang dengan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik menggambarkan sekelompok kondisi yang meliputi tekanan darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, kadar gula darah tinggi, dan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak normal. Bersama-sama, faktor-faktor ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Saat ini, sindrom metabolik memengaruhi lebih dari sepertiga orang dewasa di A.S., dengan beberapa ahli menyebutnya sebagai epidemi global.

Untuk menyelidiki, tim merekrut 115 peserta, usia 50-75 tahun, yang semuanya kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki sindrom metabolik. Penelitian berjalan selama 6 bulan, menjadikannya yang terpanjang dari jenisnya.

Mereka membagi peserta menjadi tiga kelompok: kelompok satu mengonsumsi 150 gram blueberry bubuk beku-kering per hari, kelompok kedua, mengonsumsi setengah cangkir blueberry bubuk beku-kering per hari.

Sedangkan, kelompok terakhir bertindak sebagai kelompok kontrol; mereka menerima bubuk yang terlihat mirip dengan bubuk blueberry tetapi yang utamanya mengandung dekstrosa, maltodekstrin, dan fruktosa.

Para ilmuwan meneliti manfaat diet blueberry daripada mengharapkan para peserta untuk mengonsumsi blueberry dalam jumlah yang tidak berkelanjutan dan tidak realistis setiap hari.

Pada awal dan akhir percobaan, para peneliti menilai biomarker untuk resistensi insulin, status lipid, dan fungsi vaskular. Mereka baru-baru ini menerbitkan temuan mereka di American Journal of Clinical Nutrition.

"Kami menemukan bahwa makan 1 cangkir blueberry per hari menghasilkan perbaikan berkelanjutan dalam fungsi vaskular dan kekakuan arteri - membuat cukup perbedaan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular antara 12 dan 15%," kata ketua tim peneliti Dr. Peter Curtis.

Yang menarik, para ilmuwan hanya melihat manfaat dalam kelompok yang mengonsumsi 1 cangkir blueberry per hari - tidak pada mereka yang mengonsumsi setengah cangkir.

"Asupan harian yang lebih tinggi mungkin diperlukan untuk manfaat kesehatan jantung pada populasi obesitas yang berisiko, dibandingkan dengan populasi umum," kata Curtis. (Sumber: https://www.wartabugar.com/kesehatan/obat-herbal/ingin-jantung-sehat-minum-jus-bluberi-secangkir-sehari/05/06/2019/). Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait