Menjawab Tantangan Pengawasan Obat Tradisional di Era Globalisasi
Tanggal Posting : Kamis, 29 Maret 2018 | 08:32
Liputan : Redaksi - Dibaca : 245 Kali
Menjawab Tantangan Pengawasan Obat Tradisional di Era Globalisasi
Dra. Rr Maya Gustina Andarini, Apt., M.Sc. Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, BPOM.

HerbaIndonesia.Com Meningkatnya tuntutan masyarakat akan produk obat tradisional yang aman, bermanfaat dan bermutu untuk dapat bersaing di pasar global, menuntut Badan POM untuk menciptakan regulasi pengawasan yang efektif dan efisien.

Salah satu sumber daya terbesar dalam pengawasan obat tradisional adalah pengawas / inspektur.

Data Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan menunjukan bahwa hingga saat ini jumlah inspektur obat tradisional (150 inspektur) masih belum cukup untuk melakukan pengawasan dan pembinaan yang efektif pada 754 sarana produksi dan 20.876 sarana distribusi obat tradisional.

Dalam rangka pemenuhan jumlah inspektur obat tradisional, Direktorat Pengawasan OT dan SK mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis CPOTB Dasar selama 5 hari di Jakarta yang diikuti oleh 42 peserta dari Direktorat Pengawasan OT dan SK dan Balai Besar/ Balai POM di seluruh Indonesia.

Acara tersebut dibuka oleh Ibu Dra. Rr. Maya Gustina Andarini, M.Sc, selaku Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik.

Narasumber lain dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Uluan Sitorus, Dra. Sri Sayekti Sulisdiarto, Apt, Drs. Rudy Mantik, Apt, dan Dra. Widyastuti Adiputra, Apt, yang merupakan tim ahli CPOTB.

Dalam rangka mengimplementasikan materi yang diperoleh selama bimbingan teknis, dilaksanakan PKL selama 2 hari di sarana produksi obat tradisional. Acara bimbingan teknis ditutup oleh Ibu Dra. Indriaty Tubagus, M.Kes, selaku Direktur Pengawasan OT dan SK.

Dengan dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis ini, diharapkan pengawasan obat tradisional dapat lebih efektif, peserta dapat melakukan pembinaan pada sarana produksi berbasis risiko sehingga dihasilkan produk obat tradisional yang diproduksi aman, bermanfaat dan bermutu untuk bersaing di pasar global.

27 Maret 2018, 14.36 WIB. Sumber: http://www.pom.go.id/new/view/more/berita/14195/Menjawab-Tantangan-Pengawasan-Obat-Tradisional-di-Era-Globalisasi.html


Kolom Komentar
Berita Terkait