Mengatasi Halitosis Bau Mulut Tidak Sedap
Tanggal Posting : Senin, 18 Juni 2018 | 09:52
Liputan : Redaksi - Dibaca : 111 Kali
Mengatasi Halitosis Bau Mulut Tidak Sedap
Mengatasi Halitosis Bau Mulut Tidak Sedap

HerbaIndonesia.Com. Bau mulut atau dikenal sebagai halitosis, adalah bau yang tidak sedap yang secara periodik atau terus-menerus dihembuskan dari mulut. Bau mulut merupakan masalah umum.

Adapun penyebab bau mulut diantaranya:

  1. Higene mulut yang jelek. Bau mulut yang disebabkan oleh berbagai kemungkinan, tetapi yang paling umum adalah karena higiene mulut yang buruk. Hal ini disebabkan karena kurang pedulinya terhadap kesehatan mulut.
  2. Merokok merupakan penyebab bau mulut lainnya. Residu tar dan nikotin akan melapisi gigi, lidah dan bagian dalam mulut dan paru-paru, sehingga membuat nafas anda berbau.
  3. Kondisi kesehatan. Radang amandel/tonsilitis, radang paru-paru, luka pada mulut (sariawan), dan bahkan flu juga dapat menyababkan bau mulut.
  4. Mulut kering akibat air liur berkurang. Hal ini mungkin terjadi ketika tidur dalam keadaan mulut terbuka (saat bangun tidur pagi hari), berbicara dalam waktu yang lama, bernafas melalui mulut dan karena obat dan kondisi medis.
  5. Umur. Walaupun kebersihan mulutnya baik, bau nafas orang usia lanjut mungkin dapat kurang sedap, karena adanya perubahan pada kelenjar air liur. 

Umumnya bau mulut dapat dicegah dengan perawatan mandiri, kecuali bila memang ada gangguan kesehatan yang mendasarinya.

Cara terbaik untuk memperbiki masalah bau mulut adalah dengan rutin mengosok gigi setelah setiap makan dan bersihkan gigi dengan benang-gigi setiap hari.

Jika gusi anda berdarah saat anda membersihkan dengan benang atau sikat, anda mungkin memiliki radang gusi.

Jika kondisi tidak membaik setelah 3 minggu dilakukan perawatan dan kebersihan mulut, hendaknya anda berhati-hati, dan konsultasikan pada dokter gigi anda.

Jika anda merokok, hentikanlah. Untuk menghilangkan bau tembakau sepenuhnya keluar dari sistem organ tubuh, dibutuhkan waktu 2 minggu setelah berhenti merokok.

Minumlah banyak cairan untuk menghindari mulut kering. Gunakan cairan penganti air liur jika memiliki mulut kering yang disebabkan oleh konndisi kesehatan atau obat-obatan tertentu.

Jangan melewatkan waktu makan. Mengunyah akan merangsang aliran air liur dan pembersih mulut oleh air liur sehingga mengurangi bau mulut. (Sumber: healty guide,Jakarta: PT Bhuana Ilmu Pelopor, 2012 hal.32) Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait