Mencicipi Jamu Ginggang, Resep Jamu Bangsawan Yogya
Tanggal Posting : Kamis, 13 Juni 2019 | 00:58
Liputan : Redaksi - Dibaca : 39 Kali
Mencicipi Jamu Ginggang, Resep Jamu Bangsawan Yogya
Founder JamuDigital, Karyanto besama Pak Yatmo (Kaos Biru), Tim Jamu Ginggang, usai menikmati Jamu Resep Bangsawan Yogya, Selasa, 11 Juni 2019.

HerbaIndonesia.Com. Anda ingin mencicipi segarnya ramun Jamu resep Bangsawan Yogya. Datanglah ke Kedai Jamu Ginggang, yang berada di Kawasan Puro Pakualaman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang sudah eksis sejak tahun 1950.

Resep Jamu Ginggang awalnya diperuntukkan untuk Kanjeng Sinuwun Paku Alam VII. Inilah resep Jamu Bangsawan Yogya yang hingga kini masih eksis, dan ramai dikunjungi pembeli dari daerah Yogyakarta dan dari berbagai daerah di luar Yogyakarta.

Histori keberadaan Jamu Ginggang bermula dari seorang abdi dalem bernama Bilowo. Abdi dalem Kadipaten Pakualaman- pada masa Pemerintahan KGPAA Paku Alam VII itu, bertugas meramu jamu untuk kerabat Kadipaten.

Bilowo kemudian diberi kesempatan oleh KGPAA Paku Alam VII untuk menggunakan ramuan jamunya tersebut diminum masyarakat di luar lingkungan Kadipaten.

Lokasi Kedai Jamu Ginggang berada di Jalan Masjid, Nomor 32, Pakualaman, Yogyakarta. Saat ini dikelola oleh generasi ke-5 dari keturunan abdi dalem Bilowo.

Sejumlah ramuan Jamu yang tersedia antara lain: kunir asam, beras kencur, galian putri, sehat pria, sawan tahun, uyub-uyub, temulawak, hingga jamu untuk obat batuk.

Ada juga Jamu Ginggang yang dikombinasi dengan telur ayam kampung, seperti sehat pria telur, beras kencur telur dan galian putri telur. Bagi yang ingin menikmati segarnya jamu, disediakan Jamu Es Beras Kencur, Kunyit Asem dan jamu lainnya.

Saat Redaksi JamuDigital tilik (mengunjungi) Kedai Jamu Ginggang pada Selasa, 11 Juni 2019, pembeli Jamu Ginggang silih berganti berdatangan. Ada yang dari luar kota Yogya, ada yang dari masyarakat sekitar.

Terlihat Pak Yatmo- salah satu petugas Kedai Jamu Ginggang- dengan sabar melayani pembeli dan menanyakan mau minum jamu apa. Kemudian Pak Yatmo menyampaikan kepada peracik Jamu Ginggang untuk menyiapkan Jamu sesuai dengan permintaan pembeli.

Puro Pakualaman terletak di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Keraton Yogyakarta Hadiningrat, sekitar kearah timur. Jangan lupa minum Jamu Ramuan Bangsawan, jika Anda sedang ke Yogyakarta. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait