Melalui Inovasi Riset, Ferron Mampu Menembus Pasar Global
Tanggal Posting : Jumat, 13 Juli 2018 | 07:26
Liputan : Redaksi - Dibaca : 378 Kali
Melalui Inovasi Riset, Ferron Mampu Menembus Pasar Global
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama Dirut PT. Ferron Par Pharmaceuticals, Krestijanto Pandji (Tengah) dan Wakil Ketua Umum GP. Farmasi, Ferry Soetikno, Jakarta, 10 Juli 2018.

HerbaIndonesia.Com. Menteri Perindustrian RI., Airlangga Hartarto membuka Pameran Industri Farmasi, Kosmetik dan Jamu Tahun 2018 bertema ‘Menuju Kemandirian dan Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri’, di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta pada Selasa, 10 Juli 2018.

Pameran ini diikuti sebanyak 45 peserta yang terdiri dari 22 perusahaan farmasi, 10 perusahaan jamu, dan 13 perusahaan kosmetik. Turut hadir pada pembukaan antara lain: Wakil Ketua Umum GP. Farmasi Indonesia, Ferry Soetikno dan Ketua Umum GP. Jamu, Dwi Ranny Pertiwi Zarman.

Salah satu peserta pameran tersebut, dari industri farmasi yang memiliki standar internasional dan produknya sudah diekspor ke Eropa yaitu PT. Ferron Par Pharmaceuticals. Pada kesempatan ini, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto sempat berkunjung di stand pameran Ferron dan disambut oleh Direktur Utama PT. Ferron Par Pharmaceuticals, Krestijanto Pandji.

Tema pameran ‘Menuju Kemandirian dan Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri’, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2016, tentang: Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. Terkait dengan hal ini, Ferron telah berpartisipasi dalam pembuatan bahan baku obat, seperti Omeprazole. Sehingga, untuk produk ini, Ferron tidak lagi tergantung pada impor bahan baku obat.

Ferron sebagai bagian dari Dexa Group, bersama Dexa Medica, Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS), dan Fonko aktif melakukan riset yang dilakukan oleh para ilmuwan- putra putri Indonesia dari berbagai bidang keilmuan. Riset tersebut meliputi, antara lain: di bidang Kimia Sintesa, dan Riset penggunaan Biodiversitas Indonesia untuk bahan baku obat yang berasal dari kekayaan alam Indonesia.

Dexa Group ikut berpartisipasi mendukung program Pemerintah yaitu program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) untuk menyehatkan bangsa, dan menjadi salah satu mitra pemerintah dari perusahaan swasta nasional yang terbesar dalam penyediaan obat untuk JKN.

Fasilitas Produksi & Riset Kelas Dunia
Pabrik Ferron terletak di Kawasan Industri Jababeka I, Cikarang, Jawa Barat. Dibangun untuk memenuhi perkembangan standart Good Manufacturing Practices. Terdapat fasilitas gudang, berbagai lini produksi, dan laboratorium. Bagian produksi berada di lantai pertama dan kedua. Laboratorium Mikrobiologi & Kimia di lantai 3. Ketinggian gudang hingga 12 m, yang mampu menampung lebih dari 4.000 palet.

Fasilitas produksi Ferron mampu memproduksi berbagai bentuk sediaan, yaitu: Solida (tablet, tablet salut dan kapsul), Cair (sirup oral), Semi solida (krim, gel, salep, ovula dan suppositoria) dan Sediaan Steril (injeksi cair dalam ampul, vial, dan prefilled syringe, serta tetes mata).

Sebuah lini steril berstandart tinggi beroperasi sejak 2009 untuk menghasilkan produk steril dalam botol kaca, serta esoteric lyophilized injectables. Ferron juga memiliki kemampuan menghasilkan API (Active Pharmaceutical Ingredient) dalam bentuk bulk Lyo.

Fasilitas pabrik Ferron dilengkapi mesin-mesin berkualitas tinggi, peralatan laboratorium modern dan gudang yang luas, sehingga mampu memproduksi tablet lebih dari satu miliar butir per tahun.
Kualitas Standar Internasional

Ferron memiliki Sistem Mutu ISO 9001:2015 yang bersertifikat pada 2018. Plant site Ferron bersertifikat Good Manufacturing Practices (GMP) atau Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Fasilitas lini Solida telah bersertifikat UK-MHRA, dan telah memasarkan produksinya ke Inggris sejak 2008 hingga sekarang.

Lini Solida juga memperoleh GMP sertifikat dari TGA-Australia. Untuk fasilitas lini Steril, mendapat sertifikasi dari Regierung von O’Bayern-Germany untuk produk- Vancomycin liofilisasi, dan sertifikasi dari BfArM Hannover-Germany, untuk produk infus steril.

Masuk Pasar Global
Pada Januari 2008, pabrik Ferron mendapatkan predikat memuaskan dari hasil audit Medicine and Healthcare Products Regulatory Agency (MHRA), yaitu badan yang berwenang menangani masalah obat-obatan di Inggris. Pada Maret 2008, mendapatkan sertifikat GMP dari MHRA untuk sediaan Padat. Pada 21 Juli 2008, produk Ferron berhasil diekspor perdana ke Inggris. Ini menjadikan Ferron sebagai perusahaan farmasi Indonesia pertama yang berhasil menembus pasar Inggris.

Salah satu obat produksi Ferron, yaitu Metformin Sustain Release (dikenal dengan Glucient SR), digunakan oleh National Health Care System di Inggris. Produk ini untuk pasien diabetes, yang di Inggris prevalensinya mencapai 6% dari total populasi.

Selain ke Inggris, Ferron juga mengekspor produknya ke highly regulated market, seperti pernah ekspor ke Jerman, dan pada tahun 2018 ini akan ekspor ke Belanda.

Beragam Penghargaan Bergengsi

  • BPOM (CERTIFICATE OF INDONESIA GMP COMPLIANCE OF A MANUFACTURER)

Semua lini yang beroperasi di Ferron telah mendapat sertifikasi CPOB dari BPOM. Lini produksi tersebut adalah: Solida (tablet, tablet salut dan kapsul), Cair (sirup oral), Semi Solida (krim, gel, salep, ovula, dan suppositoria) dan Steril injeksi cair (dalam ampul, vial, dan prefilled syringe serta tetes mata), Injeksi bubuk (powder) dalam vial serta injeksi lyophilized. Ferron juga memiliki lini khusus menghasilkan API (Active Pharmaceutical Ingredient) bulk Lyo steril, dan merupakan industri farmasi API pertama di Indonesia yang memproduksi bahan baku liofilisasi steril.

  • ISO 9001:2015

Ferron telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015, yaitu suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu. ISO 9001:2015 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu.

  • UK-MHRA (CERTIFICATE OF GMP COMPLIANCE OF A MANUFACTURER)

UK-MHRA adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk memantau keamanan, kualitas, dan effektivitas obat-obatan yang dipasarkan di wilayah Inggris (UK-United Kingdom). Sertifikasi Good Manufacturing Pratices (GMP) diberikan kepada perusahaan farmasi yang telah melalui inspeksi ketat sesuai standard UK-GMP. Ferron yang telah mendapatkan sertifikasi UK-GMP, memenuhi syarat untuk memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan produknya ke Inggris (UK) dan negara Eropa lainnya.

  • PENGHARGAAN PRIMANIYARTA 2017 OLEH PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

Ferron mendapat penghargaan Primaniyarta 2017, Kategori Pelopor Pasar Baru. Diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kepada Direktur Utama PT Ferron Par Pharmaceuticals, Krestijanto Pandji, pada Pembukaan Trade Expo Indonesia, di ICE Bumi Serpong Damai Banten, Rabu, 11 Oktober 2017. Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai berprestasi di bidang ekspor.

  • THE OUTSTANDING CORPORATE INNOVATOR AWARD 2018

Ferron pada acara ‘The 4th Outstanding Corporate Innovator (OCI) Award 2018’ memperoleh penghargaan ‘Platinum Award 2018’, di Hotel Shangri-la, Jakarta, pada Rabu, 2 April 2018. OCI Award merupakan penghargaan inovasi global untuk perusahaan yang mampu melakukan inovasi terus menerus, kinerjanya konsisten dan komprehensif. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait