Masyarakat Cerdas, Anti Hoax Obat dan Makanan
Tanggal Posting : Selasa, 12 Maret 2019 | 04:34
Liputan : Redaksi - Dibaca : 70 Kali
Masyarakat Cerdas, Anti Hoax Obat dan Makanan
Seminar menjadi konsumen yang cerdas bersama Balai Besar POM di Serang. Foto: www.pom.go.id

HerbaIndonesia.Com. Badan POM kembali hadir untuk memberdayakan masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas dan sadar pangan aman melalui Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Pengawasan Keamanan, Mutu, Gizi dan Manfaat Pangan Olahan Risiko Tinggi oleh Direktorat Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru bersama Balai Besar POM di Serang.

Hadir dalam kegiatan ini Anggota Komisi IX DPR-RI (Kartika Yudhisti),  Kepala Balai Besar POM di Serang (Sukriadi Darma), dan  Kasubid Pangan Olahan Tertentu Direktorat Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru (Alex Sander) sebagai narasumber.

Selepas dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar POM di Serang, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi. Kartika menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan berhati-hati dalam memilih makanan, terutama makanan olahan.

Masyarakat perlu tau ciri-ciri makanan olahan yang terdaftar dan aman agar tidak salah membeli dan terlanjur mengonsumsi pangan yang mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan. Sementara, Sukriadi memaparkan tugas dan fungsi Badan POM, dimana salah satunya adalah tugas pengawasan.

Pengawasan yang dilakukan meliputi Pengawasan Pre market yang dilakukan saat  produk obat atau makanan belum diedarkan oleh sarana Industri dan Pengawasan Post market  dilakukan saat produk tersebut telah beredar di masyarakat.

Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan masyarakat mendapatkan obat dan makanan yang aman. Di akhir pemaparan materinya, Sukriadi kembali mengenalkan Cek Klik kepada peserta. Agar masyarakat selalu ingat untuk memeriksa kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluarsa produk obat atau makanan sebelum membeli.

Selepas itu, para peserta kembali mendapat informasi penting terkait keamanan pangan. Alex Sander mengajak masyarakat untuk menjadi Konsumen Cerdas Anti Hoax dengan mengkonfirmasi kebenaran setiap informasi terkait produk makanan tertentu yang diisukan berbahaya kepada pihak yang berwenang.

Terkait hal ini, Badan POM sering  melakukan klarifikasi kepada masyarakat tentang isu-isu  makanan untuk membantu masyarakat dalam bersikap dan menanggapi berita hoax. Disamping itu  diminta  masyarakat tidak turut membuat berita hoax karena akan merugikan banyak pihak dan meresahkan masyarakat luas.

Jika menemukan berita-berita terkait produk makanan berbahaya yang belum jelas kebenarannya, masyarakat bisa langsung menghubungi Badan POM melalui semua media sosial yang ada dan Halo BPOM 1500533.

Satu langkah mudah untuk saling menjaga, teliti informasi sebelum menyebarkannya! (Sumber: https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/15598/Masyarakat-Cerdas--Anti-Hoax-Obat-dan-Makanan.html) Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait