Manfaat yang Terdapat Dalam Tanaman Zaitun (Olea europaea)
Tanggal Posting : Senin, 4 Februari 2019 | 14:47
Liputan : Redaksi - Dibaca : 227 Kali
Manfaat yang Terdapat Dalam Tanaman Zaitun (Olea europaea)
Tanaman Zaitun (Olea europaea)

HerbaIndonesia.Com. Zaitun, pohon tahunan berbentuk kecil hijau ini tumbuh subur di daerah Palestina. Pohon yang bunganya mirip lonceng ini mulai berbuah saat berumur lima tahun dan dapat hidup hingga ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar. Pohon zaitun yang berumur 2000 an tahun pernah ditemukan di Palestina.

Minyak zaitun lebih sering dikenal masyarakat umum dibanding pohonnya, meskipun tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Minyak zaitun atau biasa disebut olive oil didapat dari ekstrak buah zaitun yang sudah tua.

Banyak manfaat dari pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Kayu pohon zaitun sangat kuat untuk mihrab masjid, mimbar dan gagang pedang.

Daun-daun pohon zaitun dirangkai indah menjadi mahkota-mahkota para ksatria dan syuhada’. Dari minyak zaitun dibuatlah bahan bakar, yang tampak di dalamnya cahaya yang sangat terang nan indah. Selain untuk dimakan, buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan.

Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda.

Di antara khasiat-khasiat minyak zaitun yang paling mujarab adalah bahwa ia dapat menghilangkan kerutan-kerutan pada wajah, dengan cara mengolesi wajah dengan minyak zaitun pada pagi dan sore hari, secara teratur.

Minyak zaitun juga dimanfaatkan di musim dingin untuk menyembuhkan kaki dan tangan yang pecah-pecah, dengan cara mengoleskannya pada bagian yang sakit, kemudian mendiamkannya selama kurang lebih 2 jam.

Adapun pada musim panas, maka minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghilangkan peradangan-peradangan dan rasa nyeri (seperti terbakar) akibat panasnya sengatan sinar matahari.

Dawud Al-Anthoki menuturkan di dalam At-Tadzkirah li Ulil Al-Bab, seputar khasiat pohon zaitun, sebagai berikut, "Buah zaitun itu berkhasiat untuk menguatkan lambung, membuka dan memperlancar penyumbatan-penyumbatan pada pembuluh darah dan meremajakan warna kulit.

Buah zaitun juga diidentifikasi sebagai obat penawar bagi bermacam penyakit hati. Adapun buah zaitun yang masak nan ranum, itu lebih berkhasiat lagi.

Sementara daun-daun dari pohon zaitun, apabila dikunyah dapat menghilangkan kerusakan pada gusi, penyakit sariawan, dan bengkak-bengkak pada tenggorokan (granulasi).

Dan apabila direndam, kemudian dibalutkan dengan perban, maka akan sangat berkhasiat untuk mengobati bisul dan bengkak-bengkak.

Zaitun, ada yang berwarna hijau, dan yang berwarna hitam. Keduanya memiliki khasiat dan faedah yang begitu banyak jumlahnya.

Banyak masyarakat yang membuat asinan dari buah zaitun, baik yang berwarna hijau maupun yang hitam, dengan menggunakan garam selama kurang lebih 21 hari atau hingga 1 bulan, selanjutnya dimakan bersama dengan makanan lain, untuk menambah gizi dan meningkatkan nafsu makan."

Sedangkan menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyah dalam Zad Al’Ma’ad beliau menyebutkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk membebaskan racun dan mengeluarkan cacing, menghaluskan kulit dan mencegah tumbuhnya uban, serta mengobati luka bakar dan menguatkan gusi. (Sumber: Yuniyanto Muhammad, "Meracik Sendiri Ramuan Herbal Nabi", Solo: Pustaka Arafah, 2010, hal. 144) Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait