Manfaat dan Khasiat Akar Alang-Alang
Tanggal Posting : Senin, 18 Februari 2019 | 14:46
Liputan : Redaksi - Dibaca : 303 Kali
Manfaat dan Khasiat Akar Alang-Alang
Akar alang-alang (Imperata cylindrica) yang memiliki beberapa khasiat obat-obatan

HerbaIndonesia.Com. Alang-alang, pada umumnya dianggap sebagai tanaman pengganggu pada lahan pertanian. Meski begitu rumput berdaun tajam ini ternyata memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan manusia. Di daerah nama alang-alang beragam.

Akar alang-alang merupakan akar tanaman herbal yang biasa digunakan untuk obat herbal. Imperata cylindrica atau alang-alang merupakan sejenis tumbuhan rumput yang dianggap sebagai tanaman liar dan gulma.

Tanaman yang juga disebut dengan ilalang ini termasuk rumput yang penyebarannya sangat mudah menggunakan bantuan angin.

Alang-alang tumbuh di daerah yang tanahnya kering serta banyak sinar matahari. Obat herbal ini sering ditemui di ladang, hutan, perkebunan dan sawah.

Tanaman alang-alang merupakan rumput yang tumbuh memanjang dan meruncing ke atas. Di ujung tanaman ini terdapat bunga alang-alang yang juga meruncing.

Rumpunan ilalang biasanya tumbuh di sekitar tanaman yang memiliki tanah lapang dan mendapatkan cukup sinar matahari.

Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 1-2 m dan hampir mirip dengan padi. Karena bentuknya yang merumpun,tanaman ini sering dibakar oleh para petani karena sangat mengganggu tanaman mereka.

Namun usaha petani ini tidak akan mematikan tanaman akar alang-alang ini karena akar tanaman ini bisa menumbuhkan ilalang kembali. Pertumbuhan tanaman ilalang relatif cepat karena berkembangbiak secara generatif dan vegetatif yang sederhana.

Alang-alang mengandung bahan-bahan kimia bermanfaat. Antara lain manitol, glukosa, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, simiarenol, damar, logam alkali , dan asam kersik.

Akar alang-alang (Imperata cylindrica) senyawa metabolis dan memiliki beberapa khasiat obat-obatan seperti : pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, dan sebagai penghenti pendarahan.

Adapun Prof. Dr. Hembing menyebutkan berbagai khasiat alang-alang, diantaranya untuk mengobati batu ginjal, infeksi ginjal, kencing batu, buang air kecil tidak lancar, anyanganyangen (buang air kecil terus menerus), sakit prostat dan keputihan. (Sumber: "Solusi Sehat dengan Herbal Tunggal", Katalog produk periode 2018, Tazakka) Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait