Manfaat Toga untuk Asuhan Mandiri
Tanggal Posting : Selasa, 24 April 2018 | 06:32
Liputan : Redaksi - Dibaca : 653 Kali
Manfaat Toga untuk Asuhan Mandiri

HerbaIndonesia.Com Seminar Sehat Lavender bertajuk Taman Obat Keluarga dan VCO digelar pada Sabtu, 21 April 2018, di Jl M Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan mengupas manfaat TOGA dan VCO untuk asuhan mandiri.

Erna Setiyawati, S.E., S.Ag.Kes, Pimpinan PT Daun Mas Media Husada pada kesempatan tersebut memaparkan Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) untuk Asuhan Mandiri. Pengertian asuhan mandiri adalah pemeliharaan kesehatan mandiri di rumah adalah salah satu upaya memelihara, mencegah, mengatasi gangguan kesehatan ringan dari dan untuk setiap individu dan anggota keluarga pada pelayanan kesehatan tingkat rumah tangga.

"Masyarakat terutama tiap individu mampu menggunakan berbagai upaya, khususnya TOGA untuk mengatasi gangguan kesehatannya sendiri," jelasnya.

Sedangkan manfaat asuhan mandiri, lanjutnya, untuk: Meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup, Mencegah penyakit berisiko, Mempercepat proses penyembuhan, Mengurangi pengeluaran pembiayaan kesehatan keluarga.

Untuk mengenal TOGA, Erna memaparkan yaitu sebidang tanah, baik di halaman pekarangan atau di dalam kebun yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan tanaman yang berkhasiat obat dalam upaya memenuhi kebutuhan obat keluarga.

Fungsi TOGA: Sebagai sarana mendekatkan tanaman obat kepada masyarakat untuk upaya kesehatan mandiri, Melestarikan budaya pengobatan tradisional sebagai warisan leluhur dengan memanfaatkan tanaman berkhasiat obat, Upaya pelestarian tanaman obat dari proses kelangkaan, Meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dalam fungsinya meningkatkan kesejahteraan keluarga, antara lain sebagai sarana untuk: Memperbaiki status gizi keluarga, Menambah penghasilan keluarga, Meningkatkan kesejahteraan lingkungan pemukiman, Melestarikan tanaman obat dan budaya bangsa.

Pada kesempatan terseut, Erna juga menjabarkan proses penyimpanan simplisia: 1.Pemanenan, 2. Sortasi Basah, 3. Pencucian, 4. Penirisan, 5. Perajangan, 6. Pengeringan, 7. Sortasi Kering, 8. Pengemasan, 9. Penyimpanan.

Untuk penanganan tumor/kanker dengan tanaman obat: Antiinflamasi: Rumput Mutiara, Cakar ayam, Kunyit. Analgesik: Bidara Upas, Jahe. Hemostatik: Sambang Darah, Temu Putih. Antioksidan: Temu Mangga, Kunyit Putih, Kulit Manggis. Antiviral: Mahkota Dewa, Gadung Cina. Anticoagulant: Daun Dewa, Sambung Nyawa. Antibiotik: Sambiloto Kunyit. Cara Pemakaian: Diminum. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait