Manfaat Temu Mangga Atasi Iritasi Lambung
Tanggal Posting : Jumat, 14 Juni 2019 | 01:04
Liputan : Redaksi - Dibaca : 73 Kali
Manfaat Temu Mangga Atasi Iritasi Lambung
Temu Mangga (Curcuma amada) atasi iritasi lambung. Foto: www.flickr.com.

HerbaIndonesia.Com. Indonesia memiliki tanaman rempah-remah dengan beragam jenis yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu tanaman rempah-rempah yang juga sering digunakan untuk obat herbal adalah temu mangga.

Temu mangga yang nama ilmiahnya curcuma amada mungkin kurang populer di telinga sebagian orang. Namun temu mangga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, tak kalah dari jenis tanaman rempah lainnya.

Temu mangga memiliki bentuk mirip kunyit, namun dengan warna yang lebih pucat. Ini membuat orang sering salah dan menyebut temu mangga sebagai kunyit putih.

Herba setahun, dapat lebih dari 2 m. Batang sesungguhnya berupa rimpang yang bercabang di bawah tanah, berwama coklat muda coklat tua, di dalamnya putih atau putih kebiruan, memiliki umbi bulat dan aromatik.

Daun tunggal, pelepah daun membentuk batang semu, berwarna hijau coklat tua, helaian 2-9 buah, bentuk memanjang lanset 2,5 kali lebar yang terlebar, ujung runcing meruncing, berambut tidak nyata, hijau atau hijau dengan bercak coklat ungu di tulang daun pangkal, 43-80 cm atau lebih.

Kandungan kimia yang terdapat pada Temu Mangga berupa: Kurkumin, minyak atsiri, saponin,polifenol, saponin, labdan diterpen glukosida, kurkumanggosida, labda-8(17),12-diena-15,16-dial, kalkaratarin A, zerumin B, skopoletin, demetoksikurkumin, bisdemetoksikurkumin, 1,7-bis(4-hidroksifenil)-1,4,6 heptatrien-3-on, kurkumin, dan asam p-hidroksisinamat.

Meski temu mangga tak dikenal baik seperti temulawak dan kunyit, tanaman herbal yang mengandung flavonoid dan tanin ini memiliki khasiat cukup banyak. Salah satunya untuk obat maag.

Temu mangga umumnya tidak digunakan sebagai bahan campuran masakan seperti umumnya tumbuhan rimpang lainnya. Karena itu tumbuhan rimpang ini kurang populer sehingga tidak banyak yang tahu tentang jenis tanaman herbal yang satu ini.

Cara pembuatannya ambil temu mangga satu ruas atau satu jempol dicuci bersih dengan air mengalir, kemudian dirajang menjadi beberapa bagian dan digodok dengan air. Sedangkan gula aren yang dibutuhkan secukupnya sesuai selera sehingga jamu menjadi segar.

Sedangkan takaran air untuk menggodok, diperlukan empat gelas jenis belimbing. Setelah bahan tersedia, Temu Mangga dimasukkan ke kendil atau wadah lainnya dan digodok hingga mendidih dan airnya sisa tiga gelas.

Setelah itu, masukkan gula aren air rebusan temu mangga tadi. Jika ingin mengonsumsi, sebaiknya setelah mendidih dibiarkan sesaat agar hangat sehingga enak diminum. (Sumber: Buku "Formularium Obat Herbal Asli Indonesia Kemenkes", hal. 153). Redaksi HerbaIndonesia.com.


Kolom Komentar
Berita Terkait