Manfaat Daun Nilam yang Belum Banyak Diketahui Orang
Tanggal Posting : Selasa, 26 Maret 2019 | 02:23
Liputan : Redaksi - Dibaca : 1604 Kali
Manfaat Daun Nilam yang Belum Banyak Diketahui Orang
Manfaat Daun Nilam (Pogostemon cablin L.). Foto: www.khasiatdaun.com

HerbaIndonesia.Com. Daun nilam merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya bisa diolah sebagai parfum maupun dupa, kandungan yang terdapat di dalam daun ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menyehatkan tubuh.

Nilam merupakan tanaman berbentuk semak, tahunan, tinggi 1-2 m, batang berkayu, beralur, berambut, beruas-ruas, masih muda hijau setelah tua putih kotor.

Daun tunggal, bulat telur, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi bergerigi, pertulangan menyirip, permukaan berbulu, panjang 6-7 cm, lebar 5-6 cm, permukaan atas hijau, permukaan bawah hijau keunguan. Bunga majemuk, putih. Biji kecil, cokelat. Akar tunggang, putih kecokelatan.

Tanaman Nilam dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi dengan ketinggian optimal 10-400 m dpl, curah hujan antara 2500-3500 mm/th dan merata sepanjang tahun, suhu 24-28° C, kelembaban Iebih dari 75%, intensitas penyinaran matahari cukup, tanah subur dan gembur kaya akan humus.

Tanaman Nilam dapat diperbanyak menggunakan stek. Daun Nilam segar dapat digunakan sebagai bahan pencuci rambut. Sedangkan daun yang sudah kening dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan.

Di Filipina pucuk daun Nilam digunakan untuk insektisida, untuk mengusir kecoa, ngengat, dan semut. Air perasan daun nilam dapat digunakan untuk menolak lintah. Di Kashmir minyak nilam digunakan untuk pewangi syal dan karpet.

Nilam mengandung beberapa senyawa antara Iain benzaldehid, kariofilen, patkhoulien, buenesen, patchouli alcohol, patchouli camphor, euqenol, cinnamic, cadinene. (Sumber: "100 Top Tanaman Obat Indonesia", Kementerian Kesehatan RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, 2011, hal. 172) Redaksi HerbaIndonesia.Com

 


Kolom Komentar
Berita Terkait