LPPM UPN Veteran Jakarta Adakan Penyuluah ANC dan TOGA kepada Ibu Hamil
Tanggal Posting : Rabu, 14 Agustus 2019 | 03:20
Liputan : Redaksi - Dibaca : 11 Kali
LPPM UPN Veteran Jakarta Adakan Penyuluah ANC dan TOGA kepada Ibu Hamil
Tim LPPM UPN Veteran Jakarta dan Puskesmas Sawangan Depok, serta peserta Penyuluhan ANC dan TOGA foto bersama.

HerbaIndonesia.Com. Fakultas Kedokteran-LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UPN Veteran Jakarta dengan Puskesmas Sawangan Depok mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) pada Sabtu, 10 Agustus 2019.

Kegiatan ini dipimpian oleh Dr. Erna Harfiani, M.Si, bersama dr. Muttia Amalia, M. Biomed., dr. Aulia Chairani, MKK., dibantu oleh sejumlah Mahasiswa Kedokteran UPNVJ. "Kami mengadakan penyuluhan dan edukasi tentang ANC dan pengenalan TOGA untuk ibu-ibu yang sedang hamil," urai Erna Harfiani kepada Redaksi JamuDigital.Com pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Puskesmas Sawangan Depok, dr. W. Naweng T, M.Kes. yang diikuti oleh para ibu-ibu yang sedang hamil di wilayah Kerja PKM Sawangan.

Erna Harfiani menjelaskan bahwa materi yang disampaikan adalah:

  • Peningkatan edukasi tentang ANC (Ante Natal Care= perawatan ibu hamil sejak awal konsepsi selama kehamilan dan sampai masa nifas) kepada ibu hamil selama kehamilan
  • Pengenalan dan pemanfaatan TOGA untuk ibu hamil seperti Jahe (anti mual muntah, dan anti batuk ), Bayam merah (Sumber zat Besi- pencegah anemia), Tomat (Sumber zat Besi dan Vit C), Sirih (mencegah dan mengurangi keluhan keputihan), Brokoli (Sumber asam folat untuk mengatasi kekurangan suplemen asam folat selama pembentukan organogenesis janin) dan Jeruk nipis (Sumber Vit C dan pereda batuk)
  • Pelatihan deteksi dini kelainan pada kehamilan seperti: Demam tinggi, Bengkak di kaki- muka, Keputihan, Pendarahan, Keluar air ketuban dini, Diare berulang, Batuk lebih 2 bulan, nyeri dada, dan lain-lain.

Alhamdulillah, ibu-ibu hamil antusias mengikuti kegiatan dan terlihat semakin menyadari pentingnya ANC selama kehamilan, serta menanam, memanfaatkan lahan sekitar rumah untuk menanam TOGA untuk dimanfaatkan selama kehamilan.

"Hasil dari kegiaan ini, pengetahuan peserta tentang materi penyuluhan semakin meningkat dengan dibuktikan dari hasil post test menjadi jauh lebih baik dari hasil pre test sebelum penyuluhan diberikan," lanjut Erna Harfiani. Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait