Khasiat Jahe, Luar Biasa untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Selasa, 14 Agustus 2018 | 10:40
Liputan : Redaksi - Dibaca : 108 Kali
Khasiat Jahe, Luar Biasa untuk Kesehatan
Khasiat Jahe, Luar Biasa untuk Kesehatan

HerbaIndonesia.Com. Sejak ratusan tahun lalu, jahe telah dikenal sebagai tanaman yang sangat kaya manfaat, baik sebagai rempah, bumbu maupun sebagai ramuan obat. Tumbuhan ini aslinya berasal dari India.

Jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang popular di Eropa.

dr. Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz meyebutkan dalam bukunya "The Miracle of Herbs bahwa jahe dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan ukuran, bentuk, dan warna rimpangnya sebagai berikut:

  1. Jahe putih atau jahe kuning besar, jahe jenis ini biasa disebut jahe gajah karena memiliki ukuran paling besar.
  2. Jahe putih atau jahe kuning kecil, jahe ini biasa disebut dengan jahe sunti atau jahe emprit. Merupakan jenis jahe yang memiliki rasa lebih pedas dari pada jahe gajah.
  3. Jahe merah, memiliki rimpang dengan ukuran paling kecil dan berwarna merah.

Jahe merupakan penghangat badan, membantu proses pencernaan makanan, melemaskan dan melancarkan sistem pencernaan perut secara seimbang, berkhasiat menghilangkan sumbatan-sumbatan dalam lever yang muncul pada cuaca dingin dan basah.

Secara garis besar jahe sangat bagus untuk lever dan lambung. Ia dapat menguraikan lendir-lendir kotor, menyerap darinya panas dan kering, meningkatkan stamina tubuh dalam melakukan hubungan intim dan memperbanyak jumlah produksi sperma.

Menurut buku "100 Top Tanaman Obat Indonesia Kementerian Kesehatan RI" bahwa manfaat jahe sebagai berikut:

  1. Menurunkan berat badan.
  2. Menurunkan tekanan darah.
  3. Melebarkan pembuluh darah.
  4. Membakar kalori menjadi panas tubuh.
  5. Mengatasi masuk angin.
  6. Melegakan sakit kepala dan migraine.
  7. Mengobati batuk

Kandungan yang ada pada jahe sangat banyak, salah satunya minyak atsiri yang merupakan senyawa mudah sekali menguap atau disebut dengan senyawa volatile. Selain itu juga mengandung gizi seperti: vitamin A, B1, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, protein, niasin.

Menurut buku "Meracik Sendiri Ramuan Herbal Nabi karangan Muhammad Yiliyanto, S.Si Jahe dalam pengobatan berfungsi sebagai:

1. Anti radang dan mengurangi rasa sakit

Sejauh ini, hasil uji farmakologi menunjukan bahwa jahe memiliki beberapa aktivitas sebagai anti radang. Uji laboratorium memperlihatkan bahwa ekstrak jahe dalam air panas menghambat aktivitas lipoksigenase dan sikloosigenase sehingga menurunkan kadar prostaglandin dan leukotriene (mediator inflamasi).

2. Menurunkan kolesterol dan mencegah stroke.

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembulu darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait