Kenalkan Minum Jamu pada Anak Anda Sejak Dini
Tanggal Posting : Rabu, 9 Januari 2019 | 06:22
Liputan : Redaksi - Dibaca : 10 Kali
Kenalkan Minum Jamu pada Anak Anda Sejak Dini
Foto: Anak-anak diperkenalkan minum Jamu dan proses pembuatan Jamu di Kota Pekalongan.

HerbaIndonesia.Com. Kebiasaan minum Jamu dapat mudah dibiasakan kepada anak-anak jika dimulai sejak dini. Karena itu, peran orang tua dalam membiasakan minum Jamu adalah faktor penting di keluarga. Ayo biasakan minum Jamu kepada anak-anak kita.

Jika kita amati dari penjual Jamu Gendong yang biasa dijual keliling, rasanya mulai dari yang terasa enak/manis, lalu agak pahit, dan ada yang sangat pahit.

Menurut dr. Ahmad Ismail, Dokter Fungsional pada Klinik Saintifikasi Jamu, Dinkes Kota Pekalongan, sudah menjadi kebiasaan sejak jaman dulu anak-anak yang tidak doyan makan, akan diberi Jamu "cekokan" di kedai Jamu oleh penjual Jamu, yang umumnya sudah berusia lanjut.

Manfaatnya pun dirasakan, si anak jadi mau makan, bahkan lebih lahap dari biasanya.

Menginjak usia pra-remaja putri, Jamu dikenalkan untuk mengurangi nyeri haid. Saat menjelang pernikahan pun, Jamu berperan untuk mempercantik penampilan fisik, baik dari luar (kulit) maupun "organ dalam" si calon pengantin. Dengan lulur dari bahan Jamu dan "urus" atau gurah vagina dari uap Jamu yang direbus.

Masuk ke masa awal kehamilan, kembali Jamu berperan untuk mengatasi mual akibat kehamilan. Ternyata Jahe, aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan dapat mengurangi rasa mual yang berlebihan.

Setelah masa melahirkan (nifas), Jamu dipakai untuk membantu memulihkan fungsi organ reproduksi pasca persalinan.

"Berakhir pada usia lanjut, Jamu dikonsumsi untuk mengurangi nyeri sendi, sehingga simbah-simbah jaman dahulu masih semrintil-trengginas pulang pergi ke pasar dengan jalan kaki," urai dr. Ahmad Ismail kepada Redaksi JamuDigital.Com.

Untuk mengenalkan jamu pada usia dini, PSPJ sering mendapatkan kunjungan dari Kelompok Bermain di wilayah Kota Pekalongan dan sekitarnya. Seperti yang baru saja dilakukan oleh KB Happy Kids belum lama ini.

Anak-anak tampak senang dikenalkan beberapa produk inovasi dari PSPJ seperti: Ice cream, Jamu beras kencur, dan lain-lainnya. Mereka dapat langsung melihat proses pembuatannya. Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait