Kembangkan Herbal, Sinergi dengan Fasilitas Kesehatan
Tanggal Posting : Jumat, 19 Oktober 2018 | 07:09
Liputan : Redaksi - Dibaca : 19 Kali
Kembangkan Herbal, Sinergi dengan Fasilitas Kesehatan
Pengenalan Jamu di Fasilitas Kesehatan, Hidup Sehat dengan Bahan Alam

HerbaIndonesia.Com. PMK Nomor 37/2017 tetang Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat mengintegrasikan pelayanan kesehatan konvensional dengan pelayanan kesehatan tradisional komplementer.

Mochamad Subechan- Pimpinan Nektaria Honey- yang juga Wakil Ketua Umum PPKESTRAJAMAS (Perkumpulan Profesi Kesehatan Tradisional Jamu Nasional) menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan tradisional di fasilitas kesehatan seperti di RS, Puskesmas akan dilaksanakan sesuai kebutuhan pasien, dan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

"Jadi pelayanan kesehatan tradisional akan dilaksanakan secara holistik, mengutamakan pendekatan alamiah dan meningkatkan kemampuan penyembuhan mandiri," katanya kepada Redaksi JamuDigital.Com, 15 Oktober 2018.

Selain pelaksanaan pelayanan kestrad dalam memberikan pelayanan pasien, Puskesmas memiliki program promosi kesehatan di masyarakat dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, maka secara aktif Puskesmas mengadakan sosialisasi dan pembinaan pada masyarakat dan kader-kader kesehatan sampai tingkat bawah.

Untuk itu, dilakukan kerjasama pelaksanaan dengan Griya Sehat Nektaria Honey. Program yang akan dilaksanakan dengan membuka Pojok Jamu untuk mengenalkan Jamu pada masyarakat luas, Implementasi PMK Nomor 37 tahun 2017 dengan membuka pelayanan Kestrad integrasi, Sosialisasi /penyuluhan dan pendidikan masyarakat tentang pengobatan tradisional dari mulai tingkat OPD (organisasi pemerintah daerah) sampai masyarakat, Membentuk kelompok binaan dan lebih memberdayakan kader Posyandu/Posdaya. Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait