Jamu Dipresentasikan pada Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda 2019
Tanggal Posting : Sabtu, 17 Agustus 2019 | 01:53
Liputan : Redaksi - Dibaca : 23 Kali
Jamu Dipresentasikan pada Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda 2019
Suasana Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda 2019 di Jakarta pada 13-16 Agustus 2019.

HerbaIndonesia.Com. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan pada tahun 2019 ini menyelenggarakan Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia Tahun 2019 pada Selasa-Jum’at, 13-16 Agustus 2019 di Jakarta.

Hal tersebut dilakukan dikarenakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan pada tahun 2019 ini telah menerima usulan dari berbagai Provinsi mengenai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) untuk ditetapkan Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama Tim Ahli Waisan Budaya Takbenda telah melaksanakan tahapan pembahasan terhadap usulan tersebut.

Sesuai amanah Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan dalam rangka perlindungan warisan budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan menyelenggarakan Sidang Penetapan WBTb Indonesia Tahun 2019.

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) hadir pada Sidang Penetapan WBTb Indonesia Tahun 2019 ini, untuk salah satunya mengajukan Jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda. Sebanyak 28 Provinsi mengajukan usulan dari masing-masing provinsinya.

Provinsi Jateng diwakili oleh Seksi Tradisi dan Sejarah Dinas Pendidikan dan Kebdayaan Jateng akan presentasi tentang WBTb, mencakup Jamu sebagai bahan usulan. Untuk memperkuat usulan tentang Jamu sebagai WBTb, pada Sidang Penetapan WBTb 2019 juga dihadiri oleh Direktur Eksekutif GP. Jamu Jawa Tengah, Stefanus Handoyo Saputro.

"Kehadiran wakil GP. Jamu diperlukan, jika pada sidang penetapan nanti ada pertanyaan-pertanyaan tentang Jamu, kami diperlukan untuk penguatan," ujar Stefanus Handoyo Saputro kepada Redaksi JamuDigital.Com disela-sela Sidang Penetapan WBTb 2019 di Jakarta.

Semoga serangkaian tahapan ini, dapat segera menghasilkan ketetapan bahwa Jamu ditetapkan sebagai Warisan Buadaya Takbenda di Indonesia. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait