Ini Terapi Baru Buat Penderita Diabetes 1
Tanggal Posting : Senin, 20 Mei 2019 | 09:45
Liputan : Redaksi - Dibaca : 20 Kali
Ini Terapi Baru Buat Penderita Diabetes 1
Suntik Insulin Bagi Penderita Diabetes. Foto: www.republika.co.id

HerbaIndonesia.Com. Efek samping transplantasi organ, cangkok pankreas, adalah reaksi penolakan tubuh. Pasien terpaksa minum obat anti penolakan tubuh. Tapi kini para ilmuwan telah mengembangkan cara untuk meningkatkan efektivitas transplantasi seI-sel pankreas yang menjanjikan untuk diabetes tipe 1.

Peneliti itu, seperti dilansir situs medicalnewstoday.com (18/5/2019), mengatasinya adalah dengan meletakkan pulau-pulau kelompok seI-sel penghasil insulin di dalam mikrokapsul yang terbuat dari bahan yang cenderung memicu respons imun.

Sekarang, para peneliti dari Universitas Negeri Basque, Spanyol, telah mengembangkan sistem magnetik untuk memurnikan mikrokapsul yang memisahkan yang kosong.

Mereka menggambarkan sistem pemurnian, dan bagaimana mereka menguji produknya pada tikus, dalam makalah International Journal of Pharmaceutics.

Studi ini menunjukkan bahwa, setelah implantasi dengan mikrokapsul pulau kecil yang "dimurnikan secara magnetis", tikus yang diinduksi untuk mengembangkan diabetes mencapai dan mempertahankan kadar glukosa darah normal selama hampir 17 minggu.

"Salah satu kelemahan transplantasi pulau adalah penggunaan jangka panjang obat penekan kekebalan untuk mencegah penolakan kekebalan terhadap pulau yang ditransplantasikan; obat-obatan ini menurunkan pertahanan pasien dan memerlukan komplikasi medis yang serius," kata ketua tim peneliti Albert EsponaNoguera.

Terlepas dari contoh yang sangat spesiflk, transplantasi sel-sel pankreas belum tersedia untuk kebanyakan orang dengan diabetes tipe 1. Mereka masih harus mengambil insulin dan memantau kadar glukosa mereka setiap hari.

Sistem yang dikembangkan Espona-Noguera dan rekanrekannya mengatasi kedua tantangan ini. Dengan meningkatkan proporsi kapsul yang benar-benar mengandung pulau, itu membuat penggunaan sumber daya yang langka menjadi lebih baik.

Pada saat yang sama, dengan mengurangi volume implan yang diperlukan untuk menghasilkan efek yang diinginkan, itu mengurangi beban yang cenderung memicu serangan kekebalan. (Sumber: https://arieskelana.com/2019/05/18/ini-terapi-baru-buat-penderita-diabetes-tipe-1/). Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait