Ini Dia Duta Jamu Jawa Tengah 2018
Tanggal Posting : Senin, 23 April 2018 | 07:25
Liputan : Redaksi - Dibaca : 436 Kali
Ini Dia Duta Jamu Jawa Tengah 2018
Inilah Duta Jamu Jawa Tengah 2018

HerbaIndonesia.Com Inilah Duta Jamu Jawa Tengah 2018. Juara 1: Bella Ayu Paramitha (Kabupaten Rembang), Juara 2: Hanny Normalati Anggadewi (Kabupaten Semarang), Juara 3: Putri Rania Taqiya Anjani (Kabupaten Jepara).

Berlangsung pada Jumat malam, 20 April 2018, pukul 19.00 WIB di Alun-Alun Kabupaten Rembang. Peserta duta jamu terdiri dari 16 orang dari 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dihadiri oleh Disporapar Provinsi Jawa Tengah, Istri Bupati Rembang, IPEMI Jawa Tengah, GP Jamu Jawa Tengah. Acara dibuka oleh Kabid Pemasaran Bidang Promosi Disporapar Provinsi Jawa Tengah.

Direktur Eksekutif Pengurus Daerah GP. Jamu Jawa Tengah, Stefanus Handoyo Saputro menjelaskan jamu sebagai potensi, Pertama: pengembangan pariwisata, sebagai warisan budaya, keragaman hayati yang tinggi, kearifan lokal masyarakat. Kedua: sebagai identitas bangsa, jamu merupakan produk asli Indonesia.

"Ketiga: mempunyai nilai ekonomi tinggi, menciptakan pasar luar negeri yang menarik wisatawan luar negeri untuk mengenal jamu. Keempat: sudah ratusan tahun digunakan sebgai obat tradisional dan saat ini sudah ada dokter herbal dan dokter saintifikasi jamu," katanya usai pemilihan duta Jamu Jateng 2018.

Wisata herbal adalah dapat melalui Festival Jamu, mengenalkan jamu secara modern dan simple, juga wisata Taman Jamu sebagai edukasi pengenalan macam-macam tanaman obat dan museum jamu untuk pengetahuan sejarah dan lain-lainnya, lanjutnya.

"Menurut saya dengan adanya kegiatan Festival Jamu dan rangkaian acaranya adalah ingin megembalikan budaya minum jamu lagi ke generasi muda, anak muda kalau dengar kata jamu sudah berfikir pahit, maka jamu perlu dikemas sesuai dengan gaya hidup masa kini, rasanya diolah agar lebih mudah diterima oleh generasi milenial," kata Handoyo.

Pada acara Inbox SCTV tadi pagi 21 April 2018 di alun-alun Rembang juga mendukung dalam pengenalan jamu kepada masyarakat khususnya daerah Rembang dan seluruh masyarakat Indonesia, yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Rembang juga minum jamu bersama-sama, sungguh luar biasa dukungan Pemda Kab. Rembang dalam Festival Jamu dan Kuliner 2018 ini. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait