Ibu-Ibu PKK Warakas Ikut Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Toga Sunter Muara
Tanggal Posting : Kamis, 2 Mei 2019 | 04:04
Liputan : Redaksi - Dibaca : 18 Kali
Ibu-Ibu PKK Warakas Ikut Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Toga Sunter Muara
Ibu-Ibu PKK RW 11 Kelurahan Warakas mengikuti pelatihan pemanfaatan tanaman toga di RPTRA Sunter Muara, Jakarta Utara, Selasa 30 April 2019. Foto: www.wartakota.tribunnews.com

HerbaIndonesia.Com. Ibu-ibu PKK Warakas Ikut Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Toga di RPTRA Sunter Muara, mereka mendapatkan beberapa cara pelatihan pengolahan untuk membuat jamu yang nantinya dapat dilakukan dikemudian hari.

Belasan ibu-ibu PKK RW 11 Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara mengikuti pelatihan pemanfaatan tanaman toga atau tanaman obat keluarga di RPTRA Sunter Muara, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/4/2019).

Ketua PKK RW 11 Kelurahan Warakas, Sumardiah mengatakan, pada kesempatan itu mereka tertarik untuk belajar memanfaatkan tanaman toga dari warga RW 05 Sunter Agung yang sudah berjalan dengan baik.

"Awalnya kita sudah praktek cuma kurang maksimal dan di sini ada pelatihan yang memang sudah berhasil, jadi minat atau tertarik ikut pelatihan di sini," katanya.

Dalam pelatihan yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero) itu, Sumardiah mengaku mendapatkan beberapa cara pelatihan pengolahan untuk membuat jamu dan lain-lain yang nantinya dapat dilakukan dikemudian hari.

"Setelah sosialisasi ini prakteknya seperti apa oleh para kader. Toga ini kan banyak manfaatnya tentu untuk kesehatan bagi tubuh kita," sambungnya.

Manajer Bagian Teknik PLN UPP PJBB 2 Yohanes Handoko mengatakan, kegiatan tersebut bekerjasama dengan PT Indonesia Power UPJB Priok kepada warga khususnya di sekitar PLTGJU Jawa 2 Priok.

"Jadi kami ingin mengembangkan, membagi ilmu dan keterampilan ke warga di Warakas. Jadi ibu-ibu dari RW 05 Sunter Agung ke ibu-ibu PKK Warakas sehingga ini bisa dapat berkembang dan bermanfaat untuk mereka," katanya.

Setelah pelatihan tersebut nantinya, ibu-ibu PKK tersebut akan mendapatkan bantuan berupa alat-alat produksi pendukung seperti blender, timbangan dan lain-lain serta bahan baku tanaman toga.

"Nanti mereka dilepas untuk produksi sendiri tapi tetap dipantau. Untuk hasilnya karena mereka belum punya pasar, sementara untuk warga PLN dan komunitas baru dipromosikan," ujarnya.

Ahli Muda Community Development PT Indonesia Power UPJP Priok Yumi Yanti mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Taman Hati Sunter Muara untuk pemanfataan tanaman toga dengan total ada 19 jenis.

"Jadi mereka ibu-ibu PKK Warakas diharapkan menggali ilmu di sini untuk aplikasikan di tempat mereka untuk buat produk yang sama, syukur-syukur lebih inovatif dari produk yang ada," ungkapnya.

Pelatihan pemanfaatan tanaman toga yang diajarkan meliputi produk hasil binaan Taman Hati Sunter Muara seperti serbuk jahe instan, jahe merah, kunyit putih, kunyit kuning hingga minuman sehat seperti temulawak atau beras kencur.

"Ini sebagai sarana belajar bagi warga binaan dimana sebelumnya sudah ada pelatihan yang sama dari kami dan kebetulan sinergi lagi untuk lebih mematangkan karena dulu juga sudah latihan," katanya. (Sumber: http://wartakota.tribunnews.com/2019/04/30/ibu-ibu-pkk-warakas-ikut-pelatihan-pemanfaatan-tanaman-toga-sunter-muara). Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait