Gerinludia, Inovasi Mahasiswa Farmasi UAD Untuk Pengobatan Luka Diabetes
Tanggal Posting : Rabu, 4 Juli 2018 | 06:39
Liputan : Redaksi - Dibaca : 236 Kali
Gerinludia, Inovasi Mahasiswa Farmasi UAD Untuk Pengobatan Luka Diabetes
Gerinludia, Inovasi Mahasiswa Farmasi UAD Untuk Pengobatan Luka Diabetes

HerbaIndonesia.Com. Inovasi dalam pengobatan luka diabetes kali ini hadir dari mahasiswa Farmasi UAD, adalah TIM PKM Penelitian yang terdiri dari Rudi Afrinanda sebagai ketua dan Yusa Ristiawati serta M Shoufi Islami sebagai anggota yang juga di bimbing oleh Deasy Vanda Pertiwi, M.Sc., Apt. Mereka adalah salah satu tim PKM dari UAD yang lolos pendanaan DIKTI 2017 dan pendanaan 2018.

Pada PKM Penelitian ini diberi nama GERINLUDIA : Gel Luka Diabetes Ekstrak Daun Mangga (Mangifera indica). "Daun mangga merupakan bahan baku utama dalam pembuatan gel ini, kemudian dilakukan ekstraksi dengan metode soxhletasi, setelah ekstrak didapatkan akan dilakukan formulasi optimasi basis.

Setelah itu, dilakukan uji anlisis terhadap kandungan senyawa aktif mangiferin dengan metode KLT Densitometri dan dihitung kandungan senyawa aktif mangiferin tersebut.

Tahapan selanjutnya yaitu formulasi dengan variasi dosis ekstrak 1%, 2% dan 3% dan dilakukan uji DPPH untuk mengetahui kandungan antioksidannya yang tidak lain fungsinya untuk penyembuhan luka diabetes." kata Rudi saat diwawancarai pihak humas Farmasi.

Uji terakhir adalah uji invivo untuk memastikan efektivitas dari formula gel yang di variasi dengan dosis 4%, 6% dan 8%. "Pengujian ini berlangsung selama 15 hari pengamatan terhadap luka diabetes yang diamati adalah bagian penutupan lukanya atau diameter lukanya." ujar Yusa.

"Ini adalah inovasi kami dalam pengobatan luka diabetes meskipun banyak suka dukanya dalam penelitian ini seperti, harus merelakan waktu liburan hanya untuk menyelesaikan penelitian PKM tapi ini adalah i’tikat baik kami untuk memajukan dunia kesehatan di Indonesia." kata Shoufi.

"Kita harapkan juga penelitian ini tidak berhenti sampai disini tentunya perlu penelitian dan pengujian lebih lanjut seperti pengujian stabilitas gel agar lebih baik lagi dan penambahan bahan lain yang tentunya mendukung dari penelitian kita ini." tutup Deasy. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait