Dukungan Pemerintah Meningkatkan Ekspor dan Kualitas Obat Herbal
Tanggal Posting : Sabtu, 26 Mei 2018 | 07:38
Liputan : Redaksi - Dibaca : 380 Kali
Dukungan Pemerintah Meningkatkan Ekspor dan Kualitas Obat Herbal
Direktur Utama PT. Ferron Par Pharmaceuticals, Krestijanto Pandji (baju biru muda) bersama Direktur Industri Kimia Hilir, Kementerian Perindustrian RI.,Taufiek Bawazier, saat factory visit ke Ferron.

HerbaIndonesia.Com. Strategi agar herbal Indonesia kuat di dalam negeri dan mampu menembus pasar ekspor adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Selain untuk mendukung kemandirian obat nasional, agar produk herbal Indonesia diakui kualitasnya di dalam dan luar negeri.

Untuk itu, peran serta pemerintah dalam pengembangan obat tradisional sangat penting, agar para pelaku usaha yang memiliki produk obat herbal semakin kompetitif bersaing di pasar domestik dan pasar global. Peran tersebut, kini mulai terus ditingkatkan oleh pemerintah.

Belum lama ini, Direktur Industri Kimia Hilir, Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI., Dr, Ir. Taufiek Bawazier, M.Si. melakukan kunjungan ke pabrk Ferron Par Pharmaceuicals di Cikarang pada Jum’at, 18 Mei 2018- yang produk obatnya telah cukup lama di ekspor ke Eropa.

Kini, Ferron juga memproduksi dan mengembangkan produk herbal dari bahan alam Indonesia.

Direktur Utama PT. Ferron Par Pharmaceuticals, Krestijanto Pandji, dalam penjelasannya kepada Redaksi HerbaIndonesia.Com menyebutkan, bahwa dukungan pemerintah dengan memfasilitasi pengusaha, agar produknya menembus pasar internasional sangat dibutuhkan. "Juga untuk pengembangan obat herbal dari alam Indonesia," urainya.

Saya sangat senang, lanjut Krestijanto Pandji, bahwa pada kunjungan ke pabrik ke Ferron, Pak Taufiek Bawazier juga memberikan support untuk pengembangan obat herbal Indonesia, tambahnya.

Sebelum mengunjungi fasilitas pabrik Ferron Par Pharmaceuticals- yang memiliki standar Internasional, sehingga produknya mampu menembus pasar Eropa, Taufiek Bawazier mendapatkan penjelasan tentang perjalanan Ferron Far Pharmaceuticals hingga dapat memasarkan produknya di Indonesia dan ke manca negara.

Salah satu obat produksi Ferron, yakni Metformin Sustain Release dikenal dengan Glucient SR digunakan dalam National Health Care System di Inggris. Produk ini digunakan untuk mengobati pasien diabetes di Inggris yang prevalensinya mencapai 6% dari total populasi.

Selain ke Inggris, Ferron mengekspor produknya ke USA, Kanada, Jepang, Australia, dan sejumlah negara di Eropa.

Saat presentasi, Krestijanto Pandji juga menjelaskankan bahwa Ferron Par Pharmaceutical pernah mendapat Penghagaan Primaniyarta 2017. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo kepada Direktur Utama PT Ferron Par Pharmaceuticals Krestijanto Pandji, bertepatan dengan pembukaan Trade Expo Indonesia, di ICE Bumi Serpong Damai, Banten, Rabu, 11 Oktober 2017.

Penghargaan Primaniyarta
Primaniyarta adalah salah satu penghargaan tertinggi dan bergengsi dari Pemerintah Indonesia, yang khusus diberikan kepada eksportir, dengan kriteria paling berprestasi, sehingga dapat dicontoh pengusaha lain.

Primaniyarta memiliki kategori: Kategori Eksportir Berkinerja, Kategori Eksportir Pembangunan Merek Global, Kategori Eksportir Potensi Unggulan, dan Kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru. Ferron mendapatkan Penghargaan Primaniyata Kategori Pelopor Pasar Baru, mengungguli empat finalis yang berhasil menjadi nominasi- yang diseleksi secara ketat oleh Tim Juri Primaniyarta. Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Belum ada berita