Dokter Herbal Makin Diperlukan untuk Pemanfaatan Herbal di Yankes
Tanggal Posting : Sabtu, 28 Juli 2018 | 05:49
Liputan : Redaksi - Dibaca : 221 Kali
Dokter Herbal Makin Diperlukan untuk Pemanfaatan Herbal di Yankes
Dr. Ratna Asih, M.Si. (Kerudung Hijau) terpilih sebagai Juara I Dokter Teladan Tingkat Kab. Tangerang dan Juara 2 Tingkat Prov. Banten 2018.

HerbaIndonesia.Com. Peran Dokter Herbal di Pelayanan Kesehatan (Yankes) kini semakin diperlukan, agar Jamu dan produk obat herbal Fitofarmaka dapat diberikan kepada pasien di Puskesmas, dan di Rumah Sakit di seluruh Indonesia.

Salah satu Dokter Herbal yang intensif meningkatkan pemanfaatan Jamu dan Herba Indonesia di pelayanan kesehatan formal adalah dr.Ratna Asih, M.Si. Kini beliau bertugas di Puskesmas Pagedangan, Tangerang Selatan, Banten. Beliau juga Pengurus Asosiasi Dokter Saintifikasi Jamu Indonesia.

Dr. Ratna Asih, M.Si. adalah alumni Fakultas Kedokteran UNS, Solo, lulus tahun 1997. Kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia dan Lulus S2 Herbal Medik tahun 2012. Beliau berkarir sebagai PNS di Dinas Kesehatan, Kabupaten Tangerang sejak 2003. Sekarang sebagai Dokter Fungsional Puskesmas Pagedangan, Kabupaten Tangerang sejak 2014.

Penghargaan Dokter Teladan

Belum lama ini, Dr. Ratna Asih, M.Si. yang berasal dari Kota Ngawi, Jawa Timur ini mendapat penghargaan sebagai Juara I Dokter Teladan Tingkat Kabupaten Tangerang dan Juara 2 Dokter Teladan Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018.

Dr. Ratna Asih, M.Si. mengharapkan terhadap Saintifikasi Jamu yang sudah terbukti secara ilmiah, boleh diresepkan oleh Dokter Saintifikasi Jamu dengan payung hukum dari Kementerian Kesehatan. Sebenarnya, program Yankestrad Kementerian Kesehatan sudah dilaksanakan di Puskesmas, berupa pelayanan konsultasi asuhan mandiri dengan ramuan Jamu, juga akupresure dan akupungtur. "Kami Tenaga Kesehatan Puskesmas sudah dilatih oleh Kementerian Kesehatan," katanya kepada Redaksi HerbaIndonesia.Com.

Kami, lanjut Dr. Ratna Asih, MSi., juga aktif membina lingkungan di sekitar kami bertugas, dengan pemberdayaan masyarakat untuk menanam tanaman obat. Seperti Taman Obat Keluarga Mahkota Dewa di Bumi Puspitek adalah binaan dari Puskesmas Pagedangan. Pada tahun 2016 pernah menjadi Juara 1 Lomba Toga dan Asuhan Mandiri Tingkat Kabupaten Tangerang dan Juara 1 Tingkat Provinsi Banten, urainya.

Keluarga binaan Asuhan Mandiri Toga dan akupresur Puskesmas Pagedangan pernah juga mewakili Dinas Kesehatan Provinsi Banten pada acara Banten Expo 2017 yang dikunjungi Gubernur Banten di ICE Bumi Serpong Damai.

Keterlibatan Dr. Ratna Asih, M.Si dalam pemberdayaan masyarakat, memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan dengan memberikan obat herbal di Puskesmas, merupakan salah satu bentuk nyata Tenaga Kesehatan dalam mendukung Jamu dan obat herbal Fitofarmaka dapat berkembang dan digunakan di Puskesmas dan juga kelak di rumah sakit di seluruh Indonesia. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait