Dinkes Gandeng Tukang Jamu untuk Membantu Dokter Dalam Posko Mudik Lebaran 2019
Tanggal Posting : Jumat, 31 Mei 2019 | 05:52
Liputan : Redaksi - Dibaca : 59 Kali
Dinkes Gandeng Tukang Jamu untuk Membantu Dokter Dalam Posko Mudik Lebaran 2019
Bupati Karanganyar, Juliyatmono (pojok kiri) saat memantau pintu tol Ngasem. Foto: radarsolo.jawapos.com

HerbaIndonesia.Com. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar berencana bakal menggandeng sejumlah tukang obat tradisional untuk membantu sejumlah dokter yang nantinya berjaga di dalam pos pelayanan mudik Lebaran 2019.

Kepala Dinkes Karanganyar Cucuk Heru Kusumo mengungkapkan, sejumlah tukang obat tradisional nantinya bisa ikut memberikan penyembuhan bagi pemudik yang kelelahan. Mereka nantinya akan  meracik sejumlah obat-obatan tradisional, salah satunya seperti jamu.

"Rencananya nanti satu pos itu juga akan diisi oleh lima tim medis dari Dinkes. Baik untuk perawat, dokter ataupun sopir dari ambulans. Nanti masing-masing pos akan kita siapkan ambulans juga," terang Cucuk kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasional (Bag Ops) Polres Karanganyar Kompol I Wayan Sudhita mengungkapkan rencananya akan ada dua pos terpadu, yakni di wilayah Ngasem dan Klodran, Colomadu.

Sedangkan untuk pos pelayanan, nantinya Polres bersama dengan pemerintah bakal mendirikan sejumlah pos di wilayah Godangrejo, Tawangmangu, Kebakkramat, Karangpandan, hingga alun-alun.

"Semua unsur dari Polri, TNI, pemerintah, dan relawan akan bergabung untuk melakukan pemantauan bersama. Kami akan melakukan pengamanan Lebaran, selama kurang lebih dua pekan. Yakni H-7 Lebaran dan H+7 setelahnya," kata Kompol I Wayan Sudhita.

Sementara itu beberapa pihak juga akan memantau pintu tol Ngasem. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, bersama dengan panglima TNI dan menteri perhubungan direncanakan akan memantau titik ini secara langsung pada 31 Mei 2019 nanti.

Pintu tol Ngasem diprediksikan menjadi salah satu titik rawan kemacetan. Hal ini karena lokasi ini akan dilintasi mereka yang baru saja keluar dari tol, dan akan masuk menuju tol.

Kemarin, beberapa muspida kabupaten Karanganyar dengan perwakilan PT. Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) memantau beberapa titik di sekitar pint tol Ngasem

"Kami ingin memastikan kalau nanti saat mudik Lebaran, masyarakat bisa terlayani dan merasa nyaman saat melintas di jalan tol ini. Khususnya saat melintas di wilayah Karanganyar," terang Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/read/2019/05/29/139362/bantu-dokter-dinkes-gandeng-tukang-obat-tradisional). Redaksi HerbaIndonesia.Com.

 


Kolom Komentar
Berita Terkait