Daun Sukun Menjaga Kesehatan Jantung
Tanggal Posting : Jumat, 6 April 2018 | 10:25
Liputan : Redaksi - Dibaca : 313 Kali
Daun Sukun Menjaga Kesehatan Jantung

HerbaIndonesia.Com Siapa yang tak kenal dengan tanaman sukun? Ternyata daun sukun ini memiliki banyak khasiat. Daun sukun berukuran sangat lebar, bercanggap menjari, dan berbulu kasar. Daun sukun memiliki nama ilmiah Artocarpus altilis (park) Fosberg.

Tahukan anda bahwa daun sukun dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, baik sebagai anti kanker, antimikroba, atau anti peradangan. Efek yang dihasilkan oleh daun sukun karena didalam daun sukun itu mengandung antioksidan.

Daun sukun mengandung beberapa zat berkhasiat, seperti saponin, polifenol, asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflafin, dan fenol. Beberapa studi menyatakan bahwa daun sukun memiliki manfaat sebagai antikanker.

Hal ini diduga karena kandungan flavonoid di dalamnya. Flavonoid berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, flavonoid juga berperan sebagai penyebab kematian sel kanker.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Yu Wang, Kedi Xu, Lin Lin, Yuanjiang pan, XiaoXiang Zheng dari Departemen Rekayasa Biomedis, Universitas Zheijang, Cina menyatakan bahwa Flavanoid geranly merupakan senyawa yang diisolasi dalam bentuk minyak berwarna kekuningan dan mampu mengahmbat sel kanker paru-paru dan kanker kalon.

Setelah dilakukan uji khasiat oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya, diketahui bahwa ekstrak daun sukun mengandung flavanoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembulu darah. Kejadian ini karena ekstrak daun sukun ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mungkin banyak masyarakat belum mengetahui bahwa daun sukun dipercaya berperan sebagai antimikroba. Daun sukun mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan jamur candida albicans. Hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan flavonoid, saponin, dan tanin dalam sukun.

Daun sukun juga berperan sebagai antiperadangan, karena adanya kandungan asam hidrosionat, asetilcolin, tanin, riboflavin dalam daun sukun. Bagian tanaman sukun yang bisa digunakan dalam pengobatan adalah buah dan daunnya. Namun yang paling sering digunakan sebagai herba adalah daunnya. (Redaksi HerbaIndonesia.Com disarikan dari buku "The Miracle Of Herbs, yang ditulis oleh Prapti Utami, Desty Ervira, 2013,Jakarta : Argomedia, hal.76)


Kolom Komentar
Berita Terkait