Dahsyatnya Khasiat Temulawak
Tanggal Posting : Rabu, 15 Agustus 2018 | 08:32
Liputan : Redaksi - Dibaca : 137 Kali
Dahsyatnya Khasiat Temulawak
Dahsyatnya Khasiat Temulawak

HerbaIndonesia.Com. Temulawak merupakan tanaman berbatang semu dengan bunga yang eksotis berwarna putih kemerahan memiliki rimpang relatif besar dengan warna irisan rimpang kuning cerah. Tanaman yang dikenal sebagai "Javanese turmeric" berasal dari Indonesia, dan tersebar luas di Malaysia, Thailand dan Filipina.

Bagian yang digunakan adalah rimpang. Rimpang temulawak mengandung kurkumin, xantorizol, serta minyak atsiri. Tanaman yang memiliki potensi kuat sebagai hepatoprotektor ini telah mengilhami para pemimpin bangsa untuk membentuk "gerakan minum temulawak" pada pencanangan "Jamu Brand Indonesia".

Menurut buku "100 Top Tanaman Obat Indonesia Kementerian Kesehatan RI" bahwa rebusan rimpang temulawak dapat meningkatkan sekresi empedu, sehingga temulawak berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida. Oleh karena itu, penderita penyumbatan saluran empedu, sebaiknya tidak mengkonsumsi temulawak.

Selain itu rebusan air rimpang temulawak juga dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Temulawak memiliki kandungan kurkumin sekitar 100 mg fenibutazon yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh anda.

Kurkumin ini nantinya akan menghambat perpindahan sel-sel leuksit ke daerah radang atau menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin. Fraksi kurkuminoid atau ekstrak temulawak memiliki khasiat kesehatan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total.

Hasil penelitian Liang, dkk tahun 1985 yang terdapat dalam buku "The Miracle of Herbs" menyatakan bahwa kurkumin rimpang temulawak berkhasiat menetralkan racun, menghilangkan rasa nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah pembentukan lemak dalam sel hati, dan sebagai antioksidan.

Manfaat temulawak juga diketahui menghasilkan fraksi kurkuminoid yang mana merupakan ekstrak temulawak. Ekstrak tersebut diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol total dan juga memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL.

Zat kurkuminoid diduga memiliki peranan penting dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan juga berdampak baik pada sistem kardiovaskuler dalam tubuh. Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait