Corporate Identity Usaha Jamu Era Digital. Serial-2
Tanggal Posting : Sabtu, 13 Oktober 2018 | 09:42
Liputan : Karyanto, Founder JamuDigital.Com - Dibaca : 17 Kali
Corporate Identity Usaha Jamu Era Digital. Serial-2
Eksistensi corporate identity usaha Jamu era digital semakin penting

HerbaIndonesia.Com Tenggok (bakul dari bambu) dan botol kaca tempat wadah Jamu merupakan sarana mbok Jamu Gendong ketika berjualan. Tenggok dan botol dari kaca itu adalah bagian dari ‘personal’ identity mbok Jamu Gendong. Untuk itu, perusahaan Jamu, juga harus memiliki identitas. Karena banyak manfaatnya!

Dalam artikel saya ini, akan dipaparkan perbedaan corporate image dan corporate identity. Apa manfaat corpprate identity usaha Jamu di era digital ini? Kenapa usaha Jamu perlu menciptakan corporate identity?

Jujur, corpprate identity di era digital ini sangat penting, ditengah semakin ketatnya persaingan usaha Jamu, maka untuk dapat merebut hati pembeli maka perusahaan harus memiliki identitas yang mudah diingat oleh publik.

Jika corporate image adalah persepsi khalayak terhadap perusahaan yang dibangun melalui berbagai saluran komunikasi, melalui program public relation sehingga visi, misi, produk dan jasa perusahaan dapat dipersepsikan dengan baik oleh publik.

Image perusahaan tidak tetap selamanya, untuk itu corporate image harus terus dikembangkan dan terus di up date sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi dan informasi. Bahkan juga tergantung dari perkembangan perusahaan tersebut. Image perusahaan dapat berubah.

Contoh image perusahaan: Perusahaan Jamu yang senantiasa meluncurkan produk-produk baru, maka akan dipersepsi oleh publik bahwa perusahaan tersebut memiliki tim SDM yang handal sehingga terus melakukan inovasi produk.

Beberapa elemen yang harusnya dimiliki dalam mengembangkan corporate image adalah: Branding yang kuat, Respon kepada publik yang baik, Menunjukkan pengalaman dan tradisi perusahaan dengan tata nilai yang unggul.

Sedangkan corporate identity adalah visualisasi yang unik agar tampilan perusahaan menonjol, dan juga mengandung filosofi yang dianut oleh perusahaan. Identitas perusahaan dapat melambangkan citra perusahaan yang ingin ditampilkan ke publik.

Termasuk colour tone yang dipilih perusahaan dapat mencerminkan kepribadian perusahaan itu. Pemilihan warna yang tepat untuk identitas perusahaan juga dapat menjadi sarana publikasi yang kuat.

Hal-hal yang perlu dimiliki oleh corporate identity adalah sebagai berikut:

  • Disain logo/simbol yang memiliki arti sesuai visi misa perusahaan
  • Secara visual sangat baik (eye catching)
  • Alat untuk branding
  • Simpel dan mudah diingat
  • Modern sesuai eranya

Aplikasi corporate identity: materi publikasi internal dan ekternal perusahaan (Business stationary, Brosur dan Poster, Katalog, Iklan dan Marketing Tools, Signage System, Gedung perusahaan, Kendaraan operasional perusahaan, annual report, Buletin perusahaan atau Newsletter, Website perusahaan).

Corporate identity merupakan suatu image yang diinginkan perusahaan untuk dikenal oleh konsumennya sehingga seluruh materi promosi dan sistem operasional perusahaan harus mampu mendukung, memancarkan bahkan merupakan fondasi dari kampanye promosi dan sistem operasional perusahaan.

Pakar Corporte Communication, Paul A. Argenti (The Tuck School of Business Dartmouth College), dalam bukunya ‘Corporate Communication’ (2003), menyebutkan 6 langkah dalam Identity Management in Action, yaitu:

  • Langkah 1: Conduct an Identity Audit (Melakukan Audit Identitas)
  • Langkah 2: Set Identity Objectives (Tetapkan Tujuan Identitas)
  • Langkah 3: Develop designs and names (Kembangkan disain dan nama)
  • Langkah 4: Develop prototypes (Kembangkan prototipe- model yang mula-mula (model asli) yang akan menjadi contoh
  • Langkah 5: Launch and Communicate (Luncurkan dan Komunikasikan)
  • Langkah 6: Implement the program (Implementasikan program)

Di era digital ini, corporate identity menjadi sangat penting, agar ditengah derasnya publkasi era digital ini, perusahaan Anda dapat tampil menonjol, karena memiliki identitas yang kuat. Hal ini dapat menjadi pembeda perusahaan Jamu Anda, dibandingkan dengan perusahaan Jamu lainnya.

*Karyanto, Founder JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait