Cara Terhindar Diabetes, Diet Nabati
Tanggal Posting : Senin, 29 Juli 2019 | 07:57
Liputan : Redaksi - Dibaca : 11 Kali
Cara Terhindar Diabetes, Diet Nabati
Diet nabati dengan beragam sayuran dan buah-buahan. Foto: www.sahabatrakyat.com.

HerbaIndonesia.Com. Studi terbaru menunjukkan bahwa secara konsisten mengikuti diet nabati yang sehat dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Adalah tim peneliti dari Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat yang sudah melakukan tinjauan komprehensif dan meta-analisis dari sembilan studi.

Mereka mengadakan studi yang mempertimbangkan hubungan antara pola makan dan risiko diabetes tipe 2. Riset tersebut melibatkan tidak kurang dari 307.099 peserta, sebanyak 23.544 peserta di antaranya menderita diabetes tipe 2.

"Pola makan nabati semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, jadi kami pikir sangat penting untuk mengukur keterkaitan mereka secara keseluruhan dengan risiko diabetes, terutama karena diet ini dapat sangat bervariasi dalam hal komposisi makanan mereka," kata Frank Qiantua tim peneliti.

Dalam analisis mereka, Qian dan tim pertama-tama melihat bagaimana kepatuhan terhadap pola makan nabati apa pun yang terkait dengan risiko diabetes. Dalam skenario ini, "sebagian besar berbasis nabati" dapat berarti diet yang berpusat pada makanan nabati yang sehat, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan yang kurang sehat, seperti kentang dan gula. Jenis diet ini juga dapat mencakup beberapa produk yang berasal dari hewan.

Kemudian, tim tersebut menilai hubungan antara risiko diabetes dan mengikuti pola makan nabati yang sehat, yang terutama menampilkan sejumlah besar buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan bijibijian yang menyehatkan.

Para peneliti menemukan bahwa, secara umum, peserta yang lebih ketat menjalankan diet nabati memiliki risiko 23% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dari pada mereka yang kurang patuh menjalankan diet ini. (Sumber: https://arieskelana.com/2019/07/26/mau-terhindar-dari-diabetes-lakukan-diet-nabati/). Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait