Bupati Sukoharjo Sambut Gembira Pencanangan Destinasi Wisata Jamu
Tanggal Posting : Jumat, 29 Maret 2019 | 04:29
Liputan : Redaksi - Dibaca : 37 Kali
Bupati Sukoharjo Sambut Gembira Pencanangan Destinasi Wisata Jamu
Pemukulan Gong menandai Pencanangan Sukoharjo Menuju Destinasi Wisata Jamu.

HerbaIndonesia.Com. Rasa gembira dikemukakan oleh Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya menyambut baik atas pencanangan Kabupaten Sukoharjo Menuju Destinasi Wisata Jamu yang dilakukan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI., Puan Maharani dan Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, pada Senin, 18 Maret 2019 di Halaman Pemerintah Daerah Sukoharjo.

Menurut Wardoyo Wijaya, bahwa Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu daerah pilot project pengembangan UMKM Jamu di Jawa Tengah. Pencanangan hari ini akan memperluas akses pasar yang lebih besar baik secara lokal maupun global.

"Pencanangan ini menjadi kebanggaan bagi warga Sukoharjo. Mudah-mudahan dengan pencanangan ini bisa menjadikan Kabupaten Sukoharjo sehingga mampu menjadi tujuan wisata nasional maupun internasional," ungkap Bupati Sukoharjo menyampaikan harapannya.

Pada kegiatan tersebut, Menko PMK bersama Kepala BPOM dan Bupati Sukoharjo menyerahkan secara simbolis paket bakul jamu gendong; paket edukasi jamu/OT; bantuan Program Keluarga Harapan (PKH); Kartu Indonesia Sehat (KIS); Kartu Indonesia Pinter (KIP); Pemberian Makanan Tambahan (PMT); dan kacamata baca.

Pada kesempatan ini, Puan Maharani mengajak peserta yang hadir untuk minum jamu bersama sebagai wujud komitmen membudayakan minum jamu untuk semua generasi, baik tua maupun muda.

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 2.000 orang, terdiri dari komunitas Jamu/Jamu Gendong di Kabupaten Sukoharjo; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Bapak Angkat UMKM Jamu Gendong; serta beberapa organisasi wanita dan komunitas masyarakat lainnya.

Kabupaten Sukoharjo dipilih sebagai destinasi wisata jamu dikarenakan Sukoharjo memiliki aktivitas usaha jamu dari hulu ke hilir, mulai dari kebun tanaman obat herbal, UMKM Jamu dan Usaha Jamu Gendong, serta memiliki Industri Obat Tradisional.

Kepala Badan POM menyampaikan dukungan terhadap pencanangan tersebut dan akan terus mengawal dan memberikan bimbingan kepada para UMKM Jamu dan Usaha Jamu Gendong.

"Sebelum pencanangan Kabupaten Sukoharjo Menuju Destinasi Wisata Jamu, kami telah melakukan serangkaian bimbingan teknis terhadap UMKM Jamu terutama Usaha Jamu Gendong di Sukoharjo dengan melibatkan peran aktif para bapak angkat," ungkap Kepala Badan POM.

Dalam sambutannya, Puan Maharani menyampaikan apresiasi kepada Badan POM yang telah menyiapkan Kabupaten Sukoharjo menjadi Destinasi Wisata Jamu. Puan Maharani menegaskan bahwa dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM Jamu dan Usaha Jamu Gendong di pasar lokal maupun global, dibutuhkan komitmen berbagai pihak, baik pemerintah, pelaku usaha, maupun berbagai elemen masyarakat untuk membantu mengembangkan UMKM Jamu dan Usaha Jamu Gendong.

"Syukur alhamdulillah di tahun 2019 dengan semangat kerja Badan POM, Kabupaten Sukoharjo akan menjadi Destinasi Wisata Jamu yang pertama di Jawa Tengah, bahkan menjadi yang pertama di Indonesia," ujar Menko PMK. Sumber berita: website BPOM. Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait