Buah Tin untuk Kesehatan dan Kecantikan
Tanggal Posting : Sabtu, 31 Maret 2018 | 08:22
Liputan : Redaksi - Dibaca : 342 Kali
Buah Tin untuk Kesehatan dan Kecantikan

HerbaIndonesia.Com. Berikut ini, artkel yang menarik tentang buah Tin yang sajikan oleh dokter Riris WD, M.Si- seorang dokter herbal yang berpengalaman. Ini membuktikan bahwa potensi bahan alam sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini artikelnya:

Sejarah sekilas tentang Buah Tin. Nama Umum: Tin (yaitu salah satu dari dua pohon keramat dalam Islam). Nama Lain: Buah Ara . Di negara-negara Eropa buah Tin popular disebut buah Fig. Nama Latin : Ficus carica (Ficus carica L.).

BuahTinberasal dari Arab sejak 4000 tahun sebelum Masehi. Sekarang pohon Tin telah banyak tumbuh dan dibudidayakan secara moderen di negara-negara Timur Tengah, daerah Mediterania bahkan di Indonesia.

Berumur panjang, bertahan lebih dari seratus tahun, dan menghasilkan buah terus menerus.
Buah Tin memiliki rasa dan aroma yang mirip dengan jambu biji. Aromanya harum semerbak, teksturnya empuk, rasanya keset, manisnya sedang, sedikit mengandung air dan berbiji banyak.

Jika dikunyah di dalam rongga mulut terasa sensasi nikmat karena biji-biji kecilnya yang tergigit. Tin dapat juga dijadikan jus yang sangat lezat, sebagai campuran puding, isi kue, manisan kering atau dikalengkan dalam bentuk sirup gula.

Habitat. Pohon Tin tumbuh di kawasan mediterania, dan cocok ditanam di daerah tropis. Pohon Tin tidak terlalu susah di tanam karena tidak terlalu banyak persyaratan. Hanya memerlukan matahari dan air yang baik dan cukup. Bagian yang digunakan untuk herbal : Buah dan daun

Keunikan:
Penyerbukan dilakukan sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.

Kegunaan:

Buah Tin mengeluarkan minyak zaitun yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan dan sistem peredaran darah (jantung). Minyak zaitun secara keseluruhan mampu mengungguli segala jenis minyak nabati maupun hewani.

Karena minyak tersebut tidak mengakibatkan penyakit yang terjadi pada saluran darah atau pembuluh darah seperti minyak lain.. Disamping itu,minyak zaitun juga dipakai sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik dan sabun dengan kualitas tinggi, karena sifatnya menghaluskan kulit

Kalsium pada buah Tin sama seperti manfaat susu yaitu akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah Tin bermanfaat untuk membantu mencegah keropos tulang.

Membantu Diet - Karena mengandung serat makanan (dietary fiber) yang tergolong tinggi, sehingga membantu program penurunan berat badan. Dengan menambahkan manfaat apel yang dikonsumsi dengan buah Tin, akan dapat menjadi cemilan enak saat diet.

Pembentukan sel darah merah - Buah tin mengandung serat, kalium dan zat besi yang tinggi. Buah Tin mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa buah Tin membantu meningkatkan pembetukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

Sistem Pencernaan - Bermanfaat seperti buah Pepaya, buah Tin dapat memperlancar pencernaan, mengatasi sembelit atau susah buang air besar

Membantu resiko penyakit jantung - Kandungan omega 3 dan omega 6, dan kalium, membantu mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Membantu pengobatan kanker prostat - Dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat karena mengandung Koumarin (koumarins yang bermanfaat mengurangi resiko kanker prostat dan dapat membantu merawat kulit/ menghaluskan kulit)

Pengganti Susu - Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.

Membantu mengatasi susah tidur - Buah tin dapat membantu tidur lebih nyenyak dan membantu menghindari insomnia (susah tidur), karena adanya kandungan trytophan. Seperti yang terdapat pada manfaat coklat.

Kolesterol - Dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin. Zat ini dapat menurunkan trigliserida yaitu bagian dari lemak darah.

Penangkal tumor, anti jamur dan virus - Mengandung benzaldehid serta fenol yang berkhasiat sebagai zat yang membantu menangkal tumor, anti jamur dan virus.

Mengontrol gula darah - Serat buah tin berguna untuk memperlambat penyerapan gula atau glukosa pada usus kecil. Buah tin juga mampu mengontrol kandungan gula darah karena mengandung fruktosa.

Membantu mengobati luka - Buah Tin mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh. Zat-zat aktif sejenis zat-zat pembersih yang terdapat dalam buah tin digunakan untuk membantu mengoleskan buah Tin pada luka luar.

Caranya cukup mudah, masak buah tin kering hingga mandidih, lalu dicampur dengan susu. Setelah masak, dinginkan ramuan buah Tin ini, kemudian balut bagian luka dengan mengoleskan ramuan ini.

Membantu merawat kulit wajah - Buah tin dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat.dengan cara mengkonsumsi buah Tin dengan rutin, dan masker buah Tin digunakan untuk perawatan kulit wajah.

Pengganti gula - Rasa manis asli dari buahnya, digunakan sebagai sumber bahan makanan dan seringkali digunakan sebagai pengganti gula.

Obat usus dan lambung - Pengobatan usus dan lambung ini dibuat dengan, 6 buah tin yang dipotong-potong. Kemudian campurkan manfaat minyak zaitun dan potongan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, diamkan selama semalam. Setelah itu ramuan ini siap untuk diminum.

Menjaga kesuburan - Buah tin mampu meningkatkan sperma dan kesuburan bagi seseorang karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan tersebut berperan melindungi asam lemak sperma dan menghindarkan dari kerusakan.

Jenis kandungan nutrisi buah Tin - Buah Tin empunyai dua jenis yaitu buah Tin kering dan basah, yang berbeda kandungan kalorinya. Buah Tin kering mengandung lebih banyak kalori daripada buah Tin basah.

Manfaat kandungan serat buah Tin. Dalam 10 gram buah Tin mengandung serat lebih dari 20 %, jenis seratnya larut dalam air. Serat larut dalam air dapat menjaga kadar gula dalam darah serta mengurangi kadar kolesterol.

Sedangkan serat tidak larut air dapat mencegah kanker pada usus besar. Serat yang terkandung dalam buah Tin bermanfaat untuk menyuburkan sistem reproduksi pada pria maupun wanita.

Bahan campuran kelezatan makanan - Tingginya kandungan pektin, buah Tin, menjadikan buah Tin sangat cocok sebagai bahan baku selai, jelly maupun marmalade (selai) dengan rasa lezat dan keharuman semerbak..

Bukti ilmiah:
Membantu anti kanker (anti karsinogenik/pemicu sel kanker) - Buah Tin kaya akan pheno; dan benzaldehid ( zat anti tumor).Hasil Riset Universitas Rutgers New Jersey membuktikan adanya kandunga antioksidan di dalam buah Tin dapat mengikat senyawa dan serat yang terkandung di dalam buah, sehingga akan mampu membantu mencegah kanker kolon dan penyakit degenerative (karena proses penuaan).

Dalam jurnal yang dimuat website Cancer Cure Foundation, riset para ahli dari Institute of Physical and Chemical Research di Tokyo membuktikan bahwa benzaldehide terbukti efektif dalam membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Membantu mencegah penyakit jantung koroner dan hipertensi - Buat Tin tau ara memiliki kandungan kalium, omega 3 dan omega 6 bersama fenol dan magnesium. Kandungan ini bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu menjaga terjadinya serangan jantung koroner.

Buah Tin tinggi mengandung tinggi kalium (potassium), mineral yang berperanan mengontrol hipertensi.

Konsumsi penderita diabetes melitus - Buah Tin rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus.Serat yang terdapat di dalam buah Tin dapat memperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil (pada penderita diabetes).

Gabungan zat yang mengandung serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk sederhana ini, menyebabkan buah Tin aman dikonsumsi penderita diabetes walaupun rasanya manis.

Membantu mengurangi resiko kanker -Karena adanya kandungan polyphenol yang tinggi pada buah Tin mampu membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker kolon (usus besar).


Kolom Komentar
Berita Terkait