Branding Jamu Zaman Now, Strategi Jamu IBOE Perluas Pasar
Tanggal Posting : Minggu, 7 Oktober 2018 | 18:25
Liputan : Artikel: Karyanto, Founder JamuDigital.Com - Dibaca : 43 Kali
Branding Jamu Zaman Now, Strategi Jamu IBOE Perluas Pasar
Stephen Walla, Direktur Utama PT. Jamu IBOE Jaya terus melakukan inovasi produk dan memperluas channel pemasaran dengan menggarap pasar di Rumah Sakit dan Hipermarket. Foto: Radar Surabaya

HerbaIndonesia.Com Gerakan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, mengedukasi bahwa Jamu dapat membantu meningkatkan kualitas hidup sehat, dapat menjadi stimulus industri Jamu agar terus berkembang. Salah satu strateginya dengan melakukan branding Jamu Zaman Now.

Artikel saya ini, merupakan rangkuman komunikasi saya dengan Stephen Walla, Direktur Utama PT. Jamu IBOE Jaya, pada 4-5 Oktober 2018. Kini Jamu IBOE sedang memperluas channel pemasarannya di rumah sakit dan hypermarket di Jawa Timur dengan branding Jamu Zaman Now.

Dalam pandangan Stephen- yang merupakan generasi ke-empat dari manajemen PT Jamu IBOE Jaya, bahwa industri Jamu di tahun 2018 ini, bergerak naik, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak tantangan yang masih dihadapi.

Kondisi ekonomi, politik, baik domestik maupun global sangat dinamis, baik langsung maupun tidak langsung, banyak mempengaruhi kondisi market, seperti pola pembelian dan bisnis retailers, maupun pola spending dan konsumsi konsumen, demikian Stephen memaparkan gambaraan makro bisnis Jamu di Indonesia.

Secara global, pergerakan kurs dolar yang meningkat, juga mempengaruhi meningkatnya harga bahan baku pendukung produksi, bahan kemasan, dan lain-lain, sehingga menyebabkan peningkatan biaya produksi.

"Dengan banyaknya tantangan-tantangan ini, maka industri Jamu harus terus berinovasi, berkreasi dalam meningkatkan, membesarkan market size," Stephen menegaskan.

Jika ingin menjadikan Jamu sebagai gaya hidup sehat bangsa Indonesia, maka langkah yang harus ditempuh dengan sistematis adalah bagaimana membangun kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dengan menggunakan Jamu sebagai cara sehat.

Jamu sebagai ujung tombak tindakan promotif dan preventif untuk meningkatkan kualitas hidup sehat. Juga untuk kuratif dari produk Jamu/Herbal yang sudah melalui riset secara ilmiah di laboratorium dan juga diuji secara klinis. Semua itu, dapat membuat industri Jamu akan terus berkembang lebih baik lagi kedepannya.

Sedangkan menyinggung pasar global. Dalam analisa Stephen, bahwa prospek & peluang pasar ekspor sangat besar, terutama kini pemerintah sedang sangat mendukung program ekspor produk-produk Indonesia ke pasar global.

Kesuksesan ekspor Jamu, dipengaruhi oleh ketepatan pemilihan negara yang dituju- yang sesuai dengan potensi produk Jamu kita. Tentunya, harus dipelajari dengan cermat. Selain itu, peningkatan kualitas, mutu dan standarisasi dari produk-produk Jamu kita harus terus ditingkatkan, sehingga bisa memperbesar kesempatan untuk produk-produk Jamu kita dapat lolos dan diterima dengan baik di negara-negara yang dituju.

Branding Jamu Zaman Now, Perluas Pasar
Persepsi orang saat mendengar kata Jamu adalah pahit, tidak enak, dan kuno. Tetapi saat ini, Jamu IBOE telah membuat Jamu dengan konsep lifestyle, dengan rasa enak, segar dan kemasan menarik.

Jamu IBOE membranding Jamu Zaman Now di sejumlah titik-titik potensial pasar Jamu. Jamu dengan tampilan kekinian banyak diminati customer dari berbagai kalangan dan berbagai umur. Masyarakat dapat menikmati Jamu di area belanja seperti contohnya di mall, supermarket, ataupun food court, tanpa perlu merasa malu, karena kemasan Jamu kekinian yang trendy dan rasa Jamu yang nikmat, sesuai dengan lifestyle masa kini.

Dan kini mulai muncul juga istilah "njamu" di masyarakat, dan juga semakin semarak diucapkan untuk menyebut minum Jamu, setara dengan kopi dan teh.

Jamu IBOE saat ini memasuki usia 108 tahun. Bekerjasama dengan RSUD Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, membuka outlet IBOE Herbal Bar di dalam rumah sakit. Berada di Bale Woro RSUD Kabupaten Sidoarjo yang ditandai dengan patung "Ibu Menyusui" yang berada di pintu utama rumah sakit.

IBOE Herbal Bar ini, buka mulai hari Senin-Sabtu, pukul 07.00 - 18.00 WIB. Konsep heritage IBOE Herbal Bar sesuai dengan Bale Woro tersebut. Customer bisa menikmati variant Jamu IBOE (IBOE Natural Drink original) minum ditempat, sambil mendengarkan alunan musik, suara burung dan tanaman yang rindang.

Jamu IBOE juga memberikan fasilitas antar pesanan untuk customer di dalam RSUD Kabupaten Sidoarjo. Dengan cara mengirimkan pesan ke nomor handphone yang telah disediakan di meja bar dan biaya antar GRATIS.

Harga IBOE Natural Drink yang disediakan adalah Rp. 7000/gelas cup. Variant IBOE Natural Drink yang bisa dicoba seperti Tamarin, Kulit Manggis, Lidah Buaya, Alang-Alang, Beras Kencur, Temulawak, Jahe, dan lain-lain. Jamu memiliki manfaat preventif & promotif yaitu mencegah tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Ini sangat baik sekali untuk membantu menjaga kesehatan civitas rumah sakit, dan membantu mempercepat masa penyembuhan pasien. Mengkonsumsi produk herbal alami, bermanfaat bagus untuk kesehatan tubuh

Awarding Jamu IBOE 2018
Jamu IBOE pernah meraih penghargaan pada ajang ’Indonesia Marketeer Festival 2018’- yang digelar Mark Plus Inc. di Shangrila Hotel, pada 24 April 2018, atas Inovasi & Kreasi Produk yang selama ini dilakukan untuk mengembangkan budaya minum Jamu. Jamu IBOE meraih penghargaan dalam kategori; ’Surabaya Marketing Champion 2018 & Sales Person Of The Year 2018’.

Jamu IBOE memiliki sejarah yang panjang. Tahun 1910 adalah tahun cikal bakal Jamu Iboe. Awalnya, Tan Swan Nio (ibu) & Siem Tjiong Nio (anak), mendirikan Djamoe Industrie en Chemicalien Handel "Iboe" Tjap 2 Njonja, di Ngaglik, Surabaya, Jawa Timur.

Jadi pada tahun 2018 ini, Jamu IBOE telah berusia 108 tahun. Sebuah prestasi yang membanggakan, bahwa penerus Jamu IBOE mampu bertahan dan bahkan terus mengembangkan di tengah dinamika perjamuan nasional.

Stephen Walla- sebagai generasi penerus yang ke-4, berbagi kiat tentang kunci keberhasilannya meneruskan usaha keluarga, yaitu: Menjadikan prioritas utama di bidang produksi, promosi, dan pemasaran secara kreatif, inovatif, fokus, dan konsisten.

Potensi Jamu untuk pasar dalam negeri- masih terbuka luas, hal yang sama untuk pasar luar negeri. Di dukung sebagai negara mega biodiversitas, maka memang seharusnya jika Jamu Indonesia menjadi potensi unggulan di bidang ekonomi kesehatan.

Tugas kita bersama adalah menjadikan Jamu sebagai warisan bangsa dengan melestarikan dan mengembangkan, serta mendorongnya agar Jamu menjadi warisan dunia! Njamu yuk, Njamu!

*Karyanto, Founder JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait