Beragam Manfaat Tanaman Kemangi (Ocinum basilicum)
Tanggal Posting : Selasa, 29 Januari 2019 | 06:27
Liputan : Redaksi - Dibaca : 163 Kali
Beragam Manfaat Tanaman Kemangi (Ocinum basilicum)
Ketahuilah Banyak Manfaat Tanaman Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

HerbaIndonesia.Com. Kemangi memiliki sejarah yang menarik. Selain baunya yang harum, ternyata Raihan, nama lain kemangi, juga memiliki khasiat pengobatan. Dahulu pernah menjadi tanaman favorit di Prancis dan Italia.

Bunga dari tanaman ini dipilih untuk menyatakan cinta, sedangkan di India tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk upacara-upacara keagamaan. Sedang di Indonesia lebih dikenal dengan nama selasih dan berfungsi sebagai lalapan segar.

Raihan dapat menghentikan kerusakan pada empedu, mencegah masuknya uap yang panas namun lembab, dan apabila dihirup, maka dapat berkhasiat melegakan organ hati secara signifikan, dan juga sebagai zat penawar bagi bermacam kuman dan bakteri. Demikian pula halnya dengan cara membentangkannya lebar-lebar di dalam rumah.

Tanaman raihan juga dapat berkhasiat menyembuhkan pembengkakan yang muncul pada saluran kencing, apabila ia diletakkan di atasnya. Apabila daun tanaman raihan yang kering ditumbuk halus, kemudian ditaburkan di atas luka yang masih basah, maka ia sangat berguna dalam mempercepat proses penyembuhannya.

Tanaman Raihan juga berkhasiat untuk menguatkan organ-organ tubuh yang lemah, yaitu apabila daun tersebut dibalutkan padanya. Tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati luka di sekitar daerah kuku.

Begitu pula khasiatnya dalam menyembuhkan jerawat, bisul dan borok di sekitar tangan dan kaki, yaitu dengan cara menumbuk daunnya hingga halus kemudian menaburkannya di atas luka.

Daun tanaman Raihan yang dioleskan dan dipijitkan ke badan, berkhasiat dalam menghentikan produksi keringat yang berlebih, menyerap cairan-cairan di dalam tubuh yang berlebih pula, serta menghilangkan bau badan yang kurang sedap.

Selanjutnya, apabila daun tanaman Raihan ini direbus, maka ia sangat berkhasiat memperlancar proses buang air besar, maupun proses persalinan melalui rahim.

Juga berkhasiat mengendurkan persendian dan otot-otot yang kaku, dan jika dituangkan di atas tulang yang retak atau patah, yang masih belum menyatu, maka rebusan daun Raihan pun sangat berkhasiat dalam membantu proses penyembuhannya.

Sedangkan biji dari tanaman Raihan sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit TBC, yaitu darah yang keluar dari dada dan paru-paru saat batuk. Juga berkhasiat membersihkan isi organ dalam perut.

Biji tanaman raihan ini tidak kontradiktif bagi organ dada maupun paru-paru, karena ia juga berkhasiat sekali sebagai pencuci perut dari kotoran-kotoran yang dibarengi dengan batuk-batuk, padahal khasiat seperti ini jarang dijumpai pada obat-obatan.

Kemangi juga berkhasiat memperlancar air kencing, sebagaimana ia juga berkhasiat sebagai obat penawar dari gigitan ular atau sengatan kalajengking. Demikian pula khasiatnya bagi organ jantung, yaitu memperkuat pembuluh-pembuluh darah (arteri) di dalamnya. (Sumber: "Meracik Sendiri Ramuan Herbal Nabi", Muhammad Yulianto, Solo: Pustaka Arafah, 2011, Halaman 100) Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait