Beluntas Daun Peghilang Bau Badan
Tanggal Posting : Selasa, 5 Februari 2019 | 09:36
Liputan : Redaksi - Dibaca : 67 Kali
Beluntas Daun Peghilang Bau Badan
Daun Beluntas yang kaya manfaat

HerbaIndonesia.Com. Pernahkah Anda memperhatikan tanaman yang satu ini? Ya... beluntas atau biasa dikenal dengan tanaman liar yang dapat tumbuh di tanah tandus dan jelek atau biasa ditanam sebagai tanaman pagar ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Menurut Ardiansyah, dkk. dalam studinya yang diterbitkan oleh Jurnal Teknologi dan Industri Pangan tahun 2003 menyatakan beluntas sebagai tanaman herba yang telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan sedian obat bahan alami.

Beluntas merupakan tanaman semak atau setengah semak yang tumbuh dengan tinggi mencapai dua meter atau lebih. Tanaman ini memiliki daun tunggal berbentuk bundar, tetapi seperti telur sungsang dengan letak berseling, ujung bundar melancip dan bergerigi, serta berwarna hijau terang.

Daun yang masih muda dan segar memiliki rasa getir dengan bau yang khas. Beluntas memiliki bunga berbentuk bonggol, bergagang atau duduk di ujung cabang dan ketiak daun. Serta berwarna ungu.

Kandungan Senyawa Aktif dalam Beluntas Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor terhadap pengujian kadar antioksidan dalarn beluntas diketahui daun beluntas mengandung grup senyawa flavonoid, tanin, sterol, dan fenol hidrokuinon.

Selain kandungan senyawa di atas, beluntas mengandung saponin, alkaloid, minyak asiri, asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan vitamin C.

Daun beluntas juga mengandung sejumlah senyawa volatil kelompok terpena. Senyawa volatil ini merupakan penyusun minyak asiri yang memberikan aroma khas pada daun beluntas.

Khasiat daun beluntas yang paling terkenal adalah menurunkan panas, menyembuhkan radang dan antiluka, mengobati Skabies, mengobati gangguan saluran pencernaan, mengobati TBC, mengobati kelenjar leher (cervical tuberculous lymphadenitis), menambah nafsu makan, serta menghilangkan bau badan.

Daun beluntas berpotensi sebagai diuretik dan peluruh keringat. Daun yang telah dihaluskan, baik mentah maupun telah dikukus dapat dimakan untuk mengharumkan napas dan menghilangkan bau keringat yang tidak sedap.

Daun muda bagian atas dan perbungaan, baik dalam kondisi mentah atau telah dimasak dapat dikonsumsi sebagai makanan pelengkap nasi atau lalapan, bahkan kadang-kadang dimanfaatkan sebagai bahan sup.

Menurut Nursalam Sirait dan Balittro dalam Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, Volume 14 Nomor 3 tahun 2008 menyatakan kandungan alkaloid pada daun beluntas dapat digunakan sebagai antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bau badan.

Bagian yang dapat digunakan dari tanaman beluntas adalah seluruh bagian tanaman, baik digunakan segar maupun dikeringkan. Namun, bagian yang biasa digunakan adalah bagian daunnya

Ramuan Obat untuk Menghilangkan Bau Badan

Bahan

  • 100 gram daun beluntas segar
  • 200 ml air

Cara Membuat

  1. Cuci bersih daun beluntas.
  2. Rebus air dan daun beluntas hingga mendidih.
  3. Saring air rebusan dan minum sehari dua kali, setiap kali minum sebanyak satu gelas. (Sumber: Utami Prapti, "The Miracle of Herbs", Jakarta: AgroMedia Pusaka, 2013, hal. 32) Redaksi HerbaIndonesia.Com

 


Kolom Komentar
Berita Terkait