Baksos Sahabat Daun Mas pada TMMD 2018 di Bekasi
Tanggal Posting : Kamis, 5 April 2018 | 09:47
Liputan : Redaksi - Dibaca : 326 Kali
Baksos Sahabat Daun Mas pada TMMD 2018 di Bekasi
Tim Sahabat Daun Mas berfoto usai Baksos di TMMD 2018 di Bekasi

HerbaIndonesia.Com Para terapis pengobatan tradisional yang tergabung dalam Sahabat Daun Mas melakukan bakti sosial pada acara TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) 2018 di lapangan Kecamatan Bekasi Utara, Jawa Barat pada 4 April 2018, disambut antusias para warga.

Bertajuk ‘Pengobatan Tradisional Terintegrasi’ yang didukung 3 dokter, 3 apoteker, 1 asisten apoteker, 41 terapis yang memberikan pelayanan terapi pengobatan tradisional, Sahabat Daun Mas pada kegiatan tersebut memberikan terapi kepada 102 pasien yang berobat.

Berbagai kompetensi terapis Sahabat Daun Mas yang ikut pada baksos tersebut antara lain: Pijat Saraf/Akupresure- baik yang manual maupun dnngan peralatan elektrik, Yumeiho, dan Terapi Api BSM. Mereka tergabung dalam Hattra: P-AP3I, Zamatera, Husada Oriental, Redthipna.

Para pasien setelah antre melakukan pendaftaran, diperiksa para dokter, wawancara dan di diagnosa, selanjutnya pasien diterapi oleh para terapis. Kemudian diberi Obat Tradisional yang telah memiliki ijin dari BPOM yaitu POM TR sesuai dengan keluhannya.

Sejumlah produsen Obat Tradisional yang herbalnya diberikan kepada pasien antara lain: CV Toga Nusantara, CV Vermindo Internasional, dan PT Herbal Salam.

Menurut Pimpinan Daun Mas, Erna Setiyawati, SE., S.Ag.Kes. bahwa kegiatan baksos seperti ini sudah sering dilakukan oleh Daun Mas dengan mengajak para dokter, apoteker dan terapis pengobatan tradisional sebagai sarana memperkenalkan berbagai pengobatan tradisional yang ada di Indonesia.

"Semoga acara baksos seperti ini, semakin memperkenalkan keberadaan pengobatan tardisional dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas," ujarnya ketika ditemui di sela-sela Baksos kemarin.

Antusiasme warga di sekitar lokasi untuk berobat, terlihat sejak pendaftaran dibuka sekitar pukul 08.15 WIB. Para ibu-ibu dan bapak-bapak mulai mengantri di bagian pendaftaran. Para dokter kemudian melakukan diagnosa.

Para terapis melakukan terapi dengan semangat, kendati berada di bawah tenda yang lumayan panas, mengingat pada saat bakos, suhu udara cukup panas. Terapi berjalan lancar, para pasien menunggu giliran diterapi dengan tertib. Prosesi baksos baru selesai pada pukul 12.00 WIB.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pimpinan TNI yang bertugas pada upacara TMMD tersebut. Usai upacara, Tim TNI berkunjung ke lokasi pengobatan tradisional, meninjau para terapis memberikan terapi kepada pasien. Bahkan sejumlah anggota TNI ikut mencoba berbagai terapi yang dilaksanakan pada baksos tersebut.

Kegiatan baksos seperti ini, diharapkan dapat dilakukan secara rutin, tidak saja oleh Sahabat Daun Mas, tetapi juga oleh komunitas terapis pengobatan tradisional lainnya di Indonesia. Daun Mas adalah produsen berbagai bahan baku herbal yang cukup terkenal di Jawa Barat dan Jakarta. Ayo terus berbakti untuk Indonesia. (Redaksi HerbaIndonesia.Com)


Kolom Komentar
Berita Terkait